Cek hasil SBMPTN 2017 Di Sini! Dan Dapatkan Tips Menghadapi Hasilnya

Cek hasil SBMPTN 2017 Di Sini! Dan Dapatkan Tips Menghadapi Hasilnya

taman-selasar-2-umn---universitas-multimedia-nusantara,-universitas-terbaik-indonesia

taman-selasar-2-umn—universitas-multimedia-nusantara,-universitas-terbaik-indonesia

Wah, pengumuman SBMPTN sudah di depan mata! Sudah tau hasilnya? Cek hasil SBMPTN kamu di sini.

(Baca juga: Informasi Pendaftaran UMN 2017)

Mungkin sebagian dari kamu sudah deg-degan sejak selesai mengerjakan ujian, tidak bisa tidur, sakit perut, hingga sudah memanjatkan doa di setiap harinya. Tetapi ada juga sebagian yang tidak mau memikirkannya. Nah, daripada stress dan tidak bisa menikmati hari, ada beberapa hal yang bisa menjadi bahan perenunganmu.

Hasil SBMPTN Bukanlah Akhir Dari Segalanya

Every failure contains the seeds of your next success – Paul Allen (Founder Microsoft)

Semua peserta SBMPTN pasti berharap dapat diterima di salah satu perguruan tinggi negeri idamannya. Akan tetapi, tidak semua hasil yang didapatkan sesuai dengan apa yang diharapkan. Kalau berhasil, tentunya kita patut bersyukur dan berbangga. Tapi, jangan terlalu lama ber-euphoria. Itulah awal langkah kalian ke tahap pendidikan yang lebih tinggi selama empat tahun ke depan. Jangan sia-siakan kesempatan yang sudah didapatkan dan belajar-lah dengan baik! Ingat, masih banyak orang yang menginginkan posisimu!

Bagi kamu yang belum berhasil, perasaan kecewa dan sedih itu pasti ada dan wajar. Tidak masalah jika kamu dapat melupakan emosi-mu terlebih dulu hingga lebih lega. Tetapi setelah itu, kamu harus ingat, bahwa hasil SBMPTN bukanlah akhir dari segalanya. Belum berhasil diterima di PTN impian bukan berarti langkahmu terhenti untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi. Jalanmu di depan masih panjang dan masih banyak kesempatan lain yang bisa kamu raih. Misalnya saja, kamu bisa mendaftarkan diri sekarang di PTS yang enggak kalah bagusnya dengan PTN impianmu seperti di Universitas Multimedia Nusantara.

Tidak Salah Mempertahankan Impian, Bisa Coba di Lain Waktu

Jika berkuliah di PTN memang sudah menjadi impianmu sejak lama, tidak ada salahnya jika kamu tetap mempertahankannya. Kamu dapat mencobanya di tahun depan. Tetapi jika tetap ingin berkuliah di tahun ini, mungkin kesempatanmu bukan di jenjang S-1. Kamu masih dapat mewujudkannya kembali di jenjang S-2 atau S-3. Peluang itu masih ada selama kamu tetap memiliki semangat dan tidak putus asa.

Percayalah Bahwa Segala Sesuatunya Adalah Hasil Yang Terbaik

Apapun hasil yang didapatkan, perlu kamu sadari bahwa itulah hasil yang terbaik untukmu. Kamu telah mengerjakan sebaik-baiknya saat ujian saringan masuk, kemudian sisanya diserahkan kepada kehendak Tuhan. Bukan berarti jika kamu gagal mendapatkan kursi di PTN, artinya kamu bodoh. Bisa saja perguruan tinggi pilihanmu bukanlah yang terbaik untukmu saat ini. Kamu masih bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik di perguruan tinggi lainnya. Tidak ada yang perlu kamu sesali dengan hasilnya.

Jangan Bertindak Konyol

Ketika hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan harapanmu, tetap berusaha untuk tenangkan diri. Kendalikan emosimu dan bersikaplah dewasa. Jangan berpikir pendek dan melakukan tindakan-tindakan konyol yang tidak seharusnya kamu lakukan, yang malah dapat menghancurkan masa depanmu. Ingat, kamu masih punya orangtua dan keluarga yang perlu kamu bahagiakan.

Move On, Masih Ada Perguruan Tinggi Lain Yang Engga Kalah Bagusnya

Ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, ada pintu lainnya yang terbuka; tapi terkadang kita terlalu lama menatap pintu yang sudah tertutup itu dan membuat kita tidak mampu melihat pintu yang sudah terbuka – Hellen Keller

Ibaratnya kalau kita diputusin pacar dan sang mantan sudah memilik  gebetan lain, move on. Cari lagi seseorang yang seperti dia atau yang lebih baik lagi darinya. Nah, jangan larut dalam kesedihanmu, masih banyak perguruan tinggi lainnya yang sama-sama berkualitas.

Enggak ada salahnya kamu juga melirik perguruan tinggi swasta. Masih banyak lho PTS yang sudah berakreditasi A dan menawarkan pendidikan dan fasilitas yang baik serta bisa menunjang kegiatan belajar-mengajar dengan segudang kegiatan yang juga tidak kalah menarik. Hingga saat ini, masih ada PTS yang memiliki program studi atau jurusan sesuai dengan minat kamu dan masih membuka pendaftaran untuk berkuliah di tahun ajaran 2017/2018. Misalnya saja di Universitas Multimedia Nusantara yang memiliki 13 program studi unggulan. Yuk, daftarkan dirimu sekarang juga.

Last but not least, quotes dari mantan presiden Amerika ini dapat kamu renungkan untuk terus dapat melangkah menggapai masa depan, “Success is not final, failure is not fatal: it is the courage to continue that counts – Sukses bukanlah akhir, Kegagalan bukanlah sesuatu yang fatal; melainkan sebuah keberanian untuk maju”.(*)

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Teknik Informatika | Sistem Informasi | Sistem Komputer | Akuntansi|Manajemen|Ilmu Komunikasi | Desain Komunikasi Visual, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id

18 + 9 =

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − 3 =