Uji Kegesitan di Wahana Olahraga Canggih Hasil Kerja Sama UMN Pictures dan Toko Gramedia

Uji Kegesitan di Wahana Olahraga Canggih Hasil Kerja Sama UMN Pictures dan Toko Gramedia

Universitas Multimedia Nusantara

Peresmian Wahana Sport&Fun di Gramedia World Harapan Indah (dok.UMN)

TANGERANG UMN Pictures berkolaborasi dengan Toko Gramedia menciptakan wahana bermain dan berolahraga berbasis teknologi Augmented Reality (AR). Permainan yang dinamakan Sport & Fun ini merupakan permainan pertama se- Jabodetabek. Sport&Fun diperkenalkan pertama kali  dan diresmikan pada Sabtu, 5 Oktober 2019 di Gramedia World Harapan Indah, Bekasi.

Sport&Fun merupakan permainan olahraga yang menguji ketepatan, kegesitan dan kekompakan tim. Dalam permainan ini, dua tim beranggotakan masing-masing 2-6 orang harus beradu tangkas untuk mengejar poin dengan melempar bola ke layar interaktif secara bergantian. Tim dengan poin terbanyak akan menjadi pemenang.

UMN Pictures sendiri adalah sebuah rumah produksi yang bergerak dalam bidang industri Animasi, Film, Game dan Desain di bawah naungan Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Fokus utama dari UMN Pictures adalah membangun rumah produksi profesional yang mempunyai standar industri baik lokal maupun internasional.

Kemal Hasan yang merupakan pimpinan UMN Pictures dan juga dosen prodi Film UMN ini, mengungkapkan ide dasar pembuatan wahana Sport&Fun. Proses pembuatan ide dasar wahana Sport&Fun hingga tercetus program layar interaktif yang dapat digunakan memakan waktu enam bula.n

“Ide dasarnya adalah berawal dari banyak anak-anak yang tidak bisa lepas dari gadget dan cenderung malas berolahraga outdoor , akhirnya kita kepikiran untuk membuat olahraga hand ball indoor dengan gabungan teknologi Augmented Reality berupa laya interaktif,” ungkap Kemal.

Kerja sama yang terjalin antara UMN Pictures dengan Toko Gramedia ini bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya, Toko Gramedia bekerja sama dengan UMN Pictures untuk membuat layar interaktif yang bisa mengasah kreatifitas anak dalam menggambar dan mewarnai yang dinamakan Our Happy Place.

Universitas Multimedia Nusantara

Anak-anak merupakan target market utama dari wahana Sport&Fun (dok.UMN)

Gembong Wicaksono selaku kepala bagian Group of Retail and Publishing, mengungkapkan  segmentasi wahana Sport&Fun bisa dimainkan oleh berbagai kalangan.

“Segmentasi Sport&Fun bukan hanya anak-anak lagi, tapi permainan ini dapat dimainkan oleh remaja sampai orang dewasa. Tapi target market kami tetap yang utama adalah anak sekolah. Karena di sekitar lokasi Harapan Indah banyak sekolah dan gereja,” tutur Gembong.

Universitas Multimedia Nusantara

Sekolah yang diundang dalam peresmian wahana Sport&Fun (dok.UMN)

Pada peresmian wahana Sport&Fun, toko Gramedia mengundang guru dan murid serta orang tua murid dari beberapa sekolah di sekitar Gramedia World Harapan Indah untuk mencoba bermain. Respon dari murid sekolah yang diundang pun sangat positif. Banyak anak murid yang antusias mencoba Sport&Fun dengan didampingi guru sekolah dan pelatih olahraga mereka.

“Permainan ini sangat bagus, karena mengasah keterampilan motorik dan semangat siswa. Bikin siswa kami jadi antusias dan semangat! ” jelas Cicilia Suminah, salah satu guru Sekolah Dasar Budi Darma Bekasi.

Sementara itu Yosefina Ametenan, salah satu orang tua murid  yang mengantarkan anaknya untuk bermain wahana Sport&Fun mengungkapkan dirinya menjadi tahu inovasi permainan masa kini melalui wahana Sport&Fun.

“Menurut saya pribadi sebagai orang tua murid,  saya  masih belum paham olahraga jenis apa yang digabungkan dengan teknologi. Namun setelah datang dan menyaksikan pertandingan antar sekolah tadi, saya senang sih ada inovasi baru dalam permainan bola tangan,” ungkap Yosefina.

Selain di Gramedia World Harapan Indah, nantinya wahana Sport&Fun ini direncanakan akan dibuka di Gramedia World lainnya.

“Rencananya jika kerjasama antara Toko Gramedia dan UMN Pictures berjalan dengan baik, kami akan membuka cabang Sport & Fun  di berbagai Gramedia World lainnya. Harapan untuk pengunjung agar bisa menikmati olahraga versi ‘kekinian’ dengan teknologi AR,” tutup Kemal.

Nah, kalau kamu lagi berkunjung ke Gramedia World Harapan Indah jangan lupa ya untuk coba wahana Sport&Fun! (AB/RK)

*by Adonia Bernike – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi InformatikaSistem Informasi Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | ManajemenKomunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan | International Program, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id