Semarakkan Hari Peduli Sampah Nasional, UMN Gelar Talkshow Lingkungan Hidup

Semarakkan Hari Peduli Sampah Nasional, UMN Gelar Talkshow Lingkungan Hidup

universitas multimedia nusantara universitas terbaik di jakarta
Pembicara Talkshow ““Iklim Sudah Berubah, Tapi Belum Terlambat Untuk Bertindak” di Lecture Theatre pada Jumat (21/02) (Dok. UMN)

TANGERANG – Talkshow bertajuk “Iklim Sudah Berubah, Tapi Belum Terlambat Untuk Bertindak” yang dilaksanakan di Lecture Theatre bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional pada Jumat (21/2). Talkshow ini menghadirkan Selamet Daroyni Senior Project Officer Yayasan ICLEI Local Governments for Sustainability Indonesia, Irwan Suryaputra selaku Diretor PT Gowes Teknologi Indonesia dan Fani Rachmita Communication Manager Institute for Transportation and Development Policy.

Acara ini dibuka oleh Slamet dengan pemaparan materi mengenai efek gas rumah kaca yang dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar fosil. Indonesia juga sudah menjadi negara yang terkena dampak dari gas rumah kaca tersebut, salah satunya adanya peningkatan curah hujan.

“Sebetulnya Indonesia tidak meningkat (curah hujan) tapi karena cuacanya ini sudah semakin liar dan tidak terprediksi, curah hujan yang harusnya terakumulasi dalam 6-7 bulan itu dia harus terakumulasi dalam satu waktu, sehingga tidak heran di tanggal 31 Desember, curah hujan yang deras menenggelamkan beberapa kawasan di Jabodetabek,” jelas Selamet.

Keresahan ini membuat banyak pegiat bisnis yang mulai mempedulikan lingkungan. Salah satunya adalah GOWES, sebuah aplikasi sepeda rental, yang bertujuan mengurangi tingkat gas emisi di Indonesia. Tingkat kepedulian ini juga diharapkan meningkat di kalangan anak muda.

“Kanal-kanal sosial media bisa dijadikan platform untuk anak muda menggaungkan isu-isu lingkungan hidup dan mobilitas. Anak muda juga diharapkan teredukasi dengan lingkungan dan mencoba lebih sensitif sampai akhirnya bertindak pada isu-isu lingkungan,” tutur Fani.

Pada akhir talkshow, Director GOWES mengharapkan dukungan dari para mahasiswa agar menghemat penggunaan alat-alat rumah tangga dan trasnportasi pribadi yang menghasilkan gas emisi.

Bentuk keseriusan Gowes juga diwujdkan dengan menjalin kerjasama dengan UMN, dalam menghadirkan fasilitas penyewaan sepeda listrik dan manual bagi sivitas akademika UMN di lingkungan kampus UMN. (*/YC)

*by Junelia Novi – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi InformatikaSistem Informasi Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | ManajemenKomunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan | International Program, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id