
Gimana Seharusnya Penerapan SDGs di Perguruan Tinggi?
Desember 1, 2025
Visiting Professor FIKOM UMN : Bahas Polarisasi dan Etika Komunikasi Digital
Desember 4, 2025
Pelaksanaan praktek kuliah etiqutte dining (Dok. UMN)
Tangerang, (03/11/2025) – Mata kuliah Etiquette and Communication dibawah naungan Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) UMN berkolaborasi dengan Program Studi Perhotelan UMN mengadakan Praktek Kuliah “Dining Etiquette For Young Professionals”. Kegiatan ini dilaksanakan pada 2 – 3 Desember 2025, mempraktekan secara langsung kepada mahasiswa bagaimana tata krama makan professional yang kerap kali terabaikan.
Tata krama menjadi salah satu bagian penting dalam pembentukan karakter, berbeda dengan etika berfokus pada benar dan salah. Mata kuliah Communication and Etiquette berfokus pada tata krama profesional dan praktek secara langsung pada mahasiswa. Mata kuliah ini juga penting, dan menjadi bagian pada mahasiswa untuk mendorong sikap profesionalisme, sopan santun, dan personal branding.
“Melihat dalam pergaulan internasional etiquette dining menjadi salah satu strategi seseorang mempresentasikan dirinya di meja makan mulai dari aturan makan, posisi tubuh, sampai gaya berkomunikasi. Berbagai hal kecil kita tekankan kepada mahasiswa mulai dari datang tepat waktu sampai dengan pemilihan pakaian formal sesuai dengan acara”, jelas Dr. Henilia Yulita SE.,MM.,M.I.Kom., selaku koordinator mata kuliah Communication and Etiquette.
Bagi Henilia dengan pengetahuan mendasar yang penting dapat membantu mahasiswa untuk lebih percaya diri, sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan lebih baik dan selalu siap saat harus membangun relasi dengan masyarakat sekitar. Selain itu, dengan tata krama yang benar dapat meningkatkan kredibilitas dalam pergaulan serta meningkatkan profesionalisme mahasiswa.

Praktek etiquette dining mahasiswa FIKOM di Perhotelan UMN (Dok. UMN)
Dalam kegiatan ini mahasiswa mempelajari dan mempraktekan berbagai hal, mulai dari etika makan penggunaan alat makan, tata cara memegang dan meminum air, penggunaan napkin, serta pembawaan diri. Mahasiswa mendapatkan pengalaman penuh dan mempraktekan etiquette dining mulai dari entrée (makanan pembuka), main course (hidangan utama) sampai dengan dessert (makanan penutup).
“Harapan saya, mahasiswa yang sudah mengikuti acara ini adalah mereka dapat memahami tata cara untuk makan menggunakan alat makan yang benar meja makan secara profesional. Dengan ini ketika mereka bertemu dan berinteraksi dengan masyarakat tidak akan canggung dan sudah terbiasa”, ucap Henilia
Henilia juga berharap dari kegiatan ini mahasiswa komunikasi strategis dapat membangun dan meningkatkan personal branding. Tentu juga dengan pembekalan ini mahasiswa diharapkan dapat belajar menghargai orang lain, lewat cara mereka berinteraksi dengan orang lain yang ada di sekitar melalui pertemuan di meja makan. Bagi Henilia, ini sangat penting untuk membangun jejaring mahasiswa dalam dunia kerja maupun industri nantinya.
By Rachel Tiffany | UMN News Service
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara.




