
Wellness Tourism, Tren Industri Hospitality dan Pengaruhnya terhadap Hotel dan Spa
Juni 16, 2025
Kenapa Memilih Jurusan Perhotelan? Ini 5 Alasan Utamanya!
Juni 16, 2025Front Office Lab UMN (sumber: www.umn.ac.id)
Industri Perhotelan menuntut para profesionalnya untuk memiliki berbagai keterampilan yang dapat mendukung pelayanan terbaik kepada tamu. Tidak hanya kemampuan teknis seperti manajemen hotel dan operasional layanan, tapi juga keterampilan interpersonal seperti komunikasi yang baik, keramahan, dan kemampuan menyelesaikan masalah dengan cepat.
Dalam dunia hospitality yang dinamis, kemampuan beradaptasi dan bekerja di bawah tekanan menjadi bagian pekerjaan di bidang ini. Berikut beberapa skill wajib yang harus dimiliki oleh para profesional di bidang perhotelan:
1. Kemampuan Komunikasi yang Baik
Bisa berkomunikasi dengan para tamu dari berbagai latar belakang dengan sopan dan profesional. Terutama ketika mengatasi keluhan atau permintaan tamu, kamu harus bisa melakukannya dengan efektif.
2. Keramahan dan Pelayanan Pelanggan (Customer Service)
Mampu memberikan pengalaman terbaik kepada tamu dengan bersikap ramah, sabar, dan cepat tanggap terhadap kebutuhan tamu atau pelanggan.
3. Manajemen Waktu dan Organisasi
Mampu mengelola berbagai tugas dengan efisien, seperti reservasi, housekeeping, dan layanan restoran. Karena bekerja di bidang hospitality harus mampu bekerja di lingkungan yang cepat dengan jadwal yang padat.
4. Kemampuan Problem Solving
Mampu melakukan dengan cepat dalam menyelesaikan masalah, baik terkait tamu maupun operasional hotel. Selain itu, juga mampu berpikir kreatif untuk menemukan solusi terbaik dalam situasi darurat.
5. Kerja Sama Tim (Teamwork)
Bisa bekerja sama dengan berbagai departemen dan memastikan semua tim bekerja selaras untuk memberikan pelayanan terbaik.
6. Kemampuan Beradaptasi
Mampu menyesuaikan diri dengan berbagai tantangan, terutama dengan tamu dari budaya yang berbeda, fleksibel dalam menghadapi perubahan jadwal dan tugas.
7. Keahlian dalam Manajemen Hotel dan Reservasi
Mampu memahami sistem pemesanan dan manajemen perhotelan dan dapat mengelola ketersediaan kamar dan layanan hotel dengan efisien.
8. Kemampuan Bahasa Asing
Menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris akan menjadi nilai tambah dalam industri Perhotelan. Karena dapat memudahkan komunikasi dengan tamu internasional.
9. Keterampilan Tata Graha (Housekeeping) dan F&B Service
Memahami standar kebersihan kamar dan penyajian makanan di hotel berbintang dan menjaga kualitas pelayanan sesuai standar internasional.
10. Pemahaman tentang Teknologi dan Digital Marketing
Menggunakan aplikasi dan sistem manajemen perhotelan berbasis teknologi dan mampu memahami sistem pemasaran digital. Sehingga dapat meningkatkan branding hotel agar menarik lebih banyak tamu.
Menguasai berbagai keterampilan-keterampilan yang disebutkan diatas, akan membantu kamu sukses berkarier di dunia perhotelan, baik di dalam negeri maupun di kancah internasional. Skill mana yang menurut kamu paling penting dalam industri Perhotelan?
By Annisa Maulida | UMN News Service
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id