Muhammad Salehuddin, S.T., M.T. - UMN

Muhammad Salehuddin, S.T., M.T.

muh.salehuddin_photo_09_2016small

Muhammad Salehuddin, S.T., M.T.

Ketua Program Studi Teknik Fisika
Head of Physics Engineering DPT

Muhammad Salehuddin menjabat sebagai Ketua Progam Studi Teknik Fisika di usia 28 tahun. Hal ini membuatnya menjadi Ketua Program Studi termuda di Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Pria kelahiran Bontang, Kalimantan Timur ini merupakan lulusan S-2 Instrumentasi dan Kontrol – ITB dan S-1 Teknik Fisika di institusi yang sama.

Ketertarikan beliau pada Program Studi Teknik Fisika berawal dari lingkungan kampung halaman kelahirannya, yaitu kota dengan industri pengolah gas alam cair terbesar di dunia yang saat itu sedang memerlukan tenaga ahli bidang engineering. Namun saat menjalani perkuliahan selama S-1, ternyata program studi ini bersifat multidisiplin engineering sehingga ragam pekerjaan teknik yang diaplikasikan tidak terbatas pada satu domain saja. Hingga pada akhirnya beliau memilih untuk berkarir di bidang riset dan pendidikan.

“Pak Deden”, begitu ia akrab di sapa, telah memiliki sejumlah pengalaman karir antara lain asisten praktikum laboratorium Teknik Fisika ITB (2008-2010), PLC designer apprentice PT Indominco Mandiri (2008), Anggota Wakil Koordinator Bidang Akademik D-3 Metrologi dan Instrumentasi ITB-KEMENDAG (2011-2013), dan Asisten Peneliti Laboratorium Instrumentasi Medis – ITB (2010-2014). Di mulai saat sambil menjalani pendidikan S-2, beliau juga dipercaya menjadi konsultan project energi dan instruktur pelatihan profesional bidang instrumentasi industri pada beberapa perusahaan seperti PT PINDAD, PT Badak NGL, PT Perusahaan Gas Negara, AKAMIGAS Cepu, PT Chandra Asri, dan PT Chevron Geothermal Gunung Salak. Beliau juga adalah organisator profesional untuk konferensi ilmiah tingkat internasional dimana ia sempat menjadi General Secretary IEEE Indonesia Control Systems/Robotic Automation Joint Societies Chapter (2011-2014).

Terlepas kesibukannya sebagai Ketua Program Studi sekaligus dosen di UMN saat ini, beliau juga ternyata aktif dalam kegiatan atau organisasi di luar UMN, seperti Badan Kerjasama Teknik Fisika yang merupakan kumpulan program studi Teknik Fisika se-Indonesia. Selain itu, beliau juga aktif di Institute of Electrical and Electronic Engineer (IEEE) Indonesia Section, dimana beliau sempat menjabat menjadi komite eksekutif sebagai vice secretary (2017-2019). Dengan sejumlah pengalaman karir ini, meskipun terbilang berusia muda, beliau telah dinobatkan secara internasional sebagai senior member IEEE pada akhir tahun 2018.

Pembukaan Program Studi Teknik Fisika dan Gedung New Media Tower merupakan alasan utama mengapa ia menunaikan niat untuk bergabung mempertajam karir di UMN pada awal tahun 2016. Menurut beliau, meskipun saat ini Teknik Fisika merupakan jurusan langka yang (mungkin saja) jarang diketahui oleh masyarakat luas tetapi tidak mungkin rasanya masih memiliki eksistensi hingga sekarang ini jika kebutuhannya dianggap sangat begitu penting. Apalagi di UMN karena masih terbilang baru, seharusnya kesempatan menjadikan UMN sebagai pioneer green building sangatlah terbuka lebar, tidak hanya dari sisi infrastruktur gedung namun juga hingga mencetak sumber daya manusia yang unggul melalui Program Studi Teknik Fisika ini. Unggul tidak sebatas intelektual kognitif dan psikomotorik saja, namun harus dibarengi dengan “interpesonal value” yang berdampak untuk menghadapi era Society 5.0 ke depan ini.

register

line-umn

BBM-umn

Send us an email