Komunikasi Strategis

Sekilas UMN Online Learning 

UMN Online Learning (UOL) merupakan sebuah unit pendidikan di bawah naungan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang telah berdiri sejak 2016 dan terbukti telah menghasilkan lulusan yang siap diserap oleh industri. Dengan keunggulannya di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, UMN menciptakan dan menyelenggarakan digital learning melalui  UOL. Di samping itu, hadirnya disrupsi teknologi dalam dunia pendidikan, membuat UMN dituntut untuk dapat beradaptasi dan menciptakan inovasi-inovasi pembelajaran. UOL hadir dengan inovasi digital learning yang mampu menciptakan pengalaman belajar bagi para mahasiswa.

Dengan menerapkan sistem pembelajaran digital, kegiatan belajar di UOL dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, sehingga sangat cocok bagi mahasiswa yang memiliki kendala waktu dan jarak dalam belajar di perguruan tinggi. Dengan metode belajar yang fleksibel, pekerja professional, ibu rumah tangga, entertainer, dan entrepreneur sangat cocok belajar di UDL untuk mendapatkan gelar Sarjana S1.

Alasan Kuliah Online di UMN Online Learning

Kuliah secara online menjadi salah satu pilihan untuk meraih cita-cita. Lantas apa saja alasan untuk kuliah online di UMN Online Learning (UOL)?

1. Bagian dari UMN yang terakreditasi Unggul

UMN Digital Learning merupakan unit pendidikan di bawah naungan UMN yang telah mendapatkan akreditasi Unggul dari BAN-PT. Dengan manajemen dan dan kualitas mutu UMN, UDL merupakan pilihan tepat untuk berkuliah secara online.

2. Dosen yang berpengalaman

Dosen yang mengajar di UDL telah memiliki pengalaman di bidang komunikasi strategis, khususnya pada marketing communication dan corporate communication. UDL juga menghadirkan dosen tamu yang merupakan praktisi untuk berbagi pengalaman yang relevan dengan perkembangan ilmu komunikasi.

3. Sistem belajar yang fleksibel

UDL memiliki sistem belajar online dengan model pembelajaran sinkron dan asinkron. Dengan model pembelajaran asinkron yang fleksibel, perkuliahan dapat diselesaikan sesuai dengan kecepatan belajar yang dimiliki oleh masing-masing mahasiswa.

4. Materi belajar yang interaktif

UDL mengembangkan materi pembelajaran yang interaktif, sehingga kegiatan belajar dapat berjalan dengan baik serta mendukung penerimaan materi oleh mahasiswa dengan maksimal.

5. Mahasiswa dapat menikmati seluruh fasilitas belajar di UMN

Mahasiswa UDL juga dapat menggunakan seluruh fasilitas belajar yang dimiliki oleh UMN untuk mendukung kegiatan pembelajaran, seperti e-library, laboratorium, license software untuk melakukan praktikum, layanan kemahasiswaan, hingga mengikuti kegiatan ekstrakulikuler.

Keunggulan UMN Online Learning 

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) terus berkontribusi dalam peningkatan pemerataan pendidikan di Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menciptakan UMN Digital Learning (UDL) dengan program studi (prodi) Strata-1 Ilmu Komunikasi.

UDL menyediakan program perkuliahan yang diselenggarakan secara online sebanyak 14 pertemuan. Perkuliahan online ini merupakan implementasi perkembangan teknologi di dunia pendidikan. Perkuliahan online juga menjadi alternatif bagi calon mahasiswa yang baru lulus SMA/SMK, memiliki mobilitas tinggi, memiliki pekerjaan full-time, atau memiliki minat belajar ilmu komunikasi. 

Lantas, dari sekian banyak kampus yang menyediakan perkuliahan online, apa sih keunggulan UMN Digital Learning? Yuk, simak ulasannya!

  1. Fleksibilitas Waktu Belajar.
    Mahasiswa dapat menyesuaikan kapan dan di mana akan belajar sesuai dengan kecepatannya masing-masing. Namun, tetap dibutuhkan komitmen dan tanggung jawab untuk menyelesaikan 11 pertemuan asinkron, 3 pertemuan sinkron, dan 2 uji kompetensi (UTS dan UAS).
  2. Praktis.
    Mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan menggunakan perangkat komputer, laptop, atau bahkan smartphone, yang memiliki koneksi internet yang baik dan stabil.
  3. Integrasi Learning Management System (LMS).
    Melalui Biro Pengembangan Pembelajaran (BPP), UMN mengembangkan LMS yang di dalamnya sudah tersedia materi ajar, tugas, kuis, forum diskusi, ujian, dan buku teks yang mendukung proses pembelajaran.
  4. Materi Perkuliahan yang Interaktif.
    Materi perkuliahan yang tersedia di LMS tidak hanya berupa teks, melainkan juga video pembelajaran. Di dalamnya, terdapat pemaparan dosen, ilustrasi gambar dan kuis interaktif. Selain itu, terdapat forum diskusi di mana mahasiswa dapat memberikan tanggapan atas topik diskusi yang disampaikan oleh dosen.
  5. Kurikulum sesuai perkembangan industri.
    Prodi mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan industri. Hal tersebut diwujudkan melalui beberapa mata kuliah yang lahir untuk menjawab perkembangan tren industri komunikasi digital, seperti mata kuliah Growth Hacking, Digital Marketing Communication & Data Analytic, dan Social Media & Mobile Marketing Strategy.
  6. Terakreditasi Baik Sekali dari BAN-PT.
    UMN sudah terakreditasi A “Unggul” pada tingkat universitas. Sedangkan UDL prodi Ilmu Komunikasi terakreditasi B “Baik Sekali.
  7. Kesetaraan dengan Mahasiswa Reguler.
    Mahasiswa UDL mendapatkan hak yang sama dengan mahasiswa reguler, seperti kesempatan mendapatkan beasiswa akademik di setiap semester, keikutsertaan dalam kegiatan kemahasiswaan, peminjaman alat di laboratorium, konsultasi dengan dosen pembimbing akademik, pemberian ijazah, dan lainnya.

Apa itu Program Studi Digital Learning Komunikasi Strategis?

Strategic Communication adalah ilmu yang mempelajari tentang segala bentuk komunikasi yang berhubungan dengan bisnis, brand, maupun perusahaan. Sebagai bagian dari Ilmu Komunikasi, Program Studi Strategic Communication tidak hanya akan mempelajari komunikasi yang dilakukan dalam lingkup personal dan kelompok, namun juga berfokus pada komunikasi yang dilakukan oleh sebuah brand, organisasi, dan perusahaan.

Melalui Program Studi Strategic Communication, mahasiswa akan mempelajari bagaimana sebuah brand, organisasi, dan perusahaan mengkomunikasikan pesan-pesannya kepada seluruh khalayak meliputi konsumen, karyawan, kompetitor, media, hingga pemerintah untuk dapat menciptakan kesepakatan bersama (mutual understanding).

Kenapa harus pilih Program Studi Digital Learning Komunikasi Strategis di UMN?

Program studi Komunikasi Strategis Universitas Multimedia Nusantara membekali mahasiswa tidak hanya dengan pengetahuan secara teori, tetapi dengan praktik secara langsung. Memberikan mahasiswa kesempatan untuk merasakan pengalaman untuk mengetahui bagaimana dunia industri saat ini bekerja.

Membekali mahasiswa dengan pengetahuan perkembangan teknologi (ICT) seperti penggunaan Multimedia Laboratory dan Collabo Hub sebagai laboratorium kerja dalam memproduksi pesan – pesan komunikasi sehingga lulusan memiliki kompetensi yang seimbang antara pemahaman teori, implementasinya saat praktik hingga penggunaan teknologi dalam menghadapi dunia kerja.  Pembekalan ini disesuaikan dengan kebutuhan industri 4.0 saat ini.

Selain itu, strategic communication UMN telah bekerja sama dengan Skystar Ventures, sebuah Bisnis Incubator yang dimiliki UMN, memberikan mahasiswa kesempatan untuk lulus dalam waktu tiga setengah tahun dengan membuat sebuah proyek. Melalui jalur Fast Track, Skystar Ventures akan memberikan bimbingan dan juga permodalan untuk mahasiswa dalam menjalankan bisnisnya sehingga mereka akan dipersiapkan menjadi seorang Wirausahawan yang merintis usaha bisnisnya sendiri dan  dapat menyelesaikan perkuliahan dengan waktu yang lebih cepat.

Tabel Kredit Lulus

ECTS Points 146 SKS
Education TypeBachelor Program
Duration4 years
LanguageBahasa Indonesia
Bachelor's DegreeBachelor of Communication Science (S.I.Kom.)

Visi & Misi Fakultas

Visi

Menjadi Fakultas Ilmu Komunikasi unggulan yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional yang kompeten di bidang komunikasi, berbasis logika, etika, dan ICT dengan menekankan penguasaan teoritis dan praktis, berjiwa wirausaha serta berbudi pekerti luhur.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas (Excellent teaching) with strong industry collaboration, sesuai dengan sasaran tahap ke 2 Rencana Induk Pengembangan UMN, dengan didukung tenaga pengajar profesional dan kurikulum yang up to date yang link and match dengan dunia industri.
  2. Melaksanakan program penelitian yang memberikan kontribusi bagi pengembangan keilmuan komunikasi yang berbasis ICT (Information and Communcation Technology).
  3. Melaksanakan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat yang terkait dengan komunikasi, sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat akan informasi yang terpercaya dan dunia industri.

Visi & Misi Program Studi

Visi

Menjadi Program Studi Strata Satu Komunikasi Strategis unggulan yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional, yang kompeten dalam bidang Corporate Communication dan Marketing Communications yang berbasiskan logika, etika, dan Information and Communication Technology (ICT) dengan menekankan penguasaan teoritis dan praktis, berjiwa wirausaha serta berbudi pekerti luhur.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas, didukung tenaga pengajar berkualitas, didukung tenaga pengajar professional dan kurikulum yang up to date yang link and match dengan industri.
  2. Melaksanakan program penelitian yang memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu komunikasi berbasis ICT.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang terkait dengan komunikasi, sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat dan dunia industri.

Persyaratan Masuk

  • Lulusan SMA/SMK Sederajat (verifikasi dengan ijazah dan SKHUN)
  • Mengikuti pelatihan LMS/e-learning UMN
  • Mengisi kesediaan mengikuti kegiatan tutorial online.

Kurikulum Program Studi Komunikasi Strategis

Kurikulum Prodi Komunikasi Strategis

 

Mahasiswa Program Studi Strategic Communication UDL akan mempelajari mengenai teori dan praktik terkait komunikasi selama masa studi. Secara umum kurikulum Program Studi Strategic Communication dapat dijelaskan sebagai berikut:

Tahun Pertama : Mahasiswa akan mempelajari mengenai pemahaman akan teori komunikasi, pengantar public relations dan advertising. Di tahun pertama ini juga, mahasiswa diajarkan untuk menjadi seorang yang kritis dan kreatif serta pengenalan pada program-program berbasis multimedia.

Tahun Kedua : Mahasiswa akan mempelajari mengenai macam-macam bentuk komunikasi mulai dari lingkungan yang kecil seperti komunikasi antar pribadi hingga lingkup yang lebih luas seperti komunikasi massa. Memahami lebih dalam mengenai kegiatan public relations dan advertising yang dilengkapi dengan pemahaman mereka mengenai industry media, politik, isu global, hingga analitik data digital.

Tahun Ketiga : Mahasiswa mendalami bidang strategic communication dengan mempelajari mata kuliah yang lebih spesifik, seperti Corporate Communication Management, Reputation Management, Community Relations and Engagement, dan lain-lain. Selain itu pada tahun ke tiga mahasiswa juga dapat mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan mengikuti mata kuliah di program studi lain.

Tahun Keempat: Mahasiswa mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan mengikuti program entrepreneurship dan menyelesaikan tugas akhir.

Sistem Pembelajaran

Pembelajaran digital yang dilakukan dengan :

  1. Sinkron maya, dosen dan mahasiswa melakukan kegiatan belajar dengan tatap muka secara virtual.
    Pada sinkron maya, pembelajaran dilakukan untuk membahas studi kasus, diskusi, dan juga melakukan review dari pertemuan-pertemuan lainnya. Kelas sinkron maya juga dapat diisi oleh dosen tamu yang merupakan praktisi yang berupatsi di bidangnya untuk dapat membawakan studi kasus yang riil dari dunia industry.
  2. Asinkron mandiri, di mana mahasiswa melakukan kegiatan belajar mandiri dengan mengakses materi belajar di Learning Management System secara fleksibel.
    Materi belajar dalam asinkron mandiri adalah video pembelajaran interaktif yang disertai dengan animasi dan visual yang menarik untuk dapat memberikan ilustrasi terhadap penjelasan dosen, slide presentasi, dan materi pembelajaran lainnya.
    Selain itu, mahasiswa juga dapat mengikuti forum diskusi online.
  3. Pengumpulan tugas kuliah dan kuis dalam dilakukan oleh mahasiswa melalui Learning Management System
  4. Mahasiswa juga dapat melakukan kegiatan tutorial online yang dilakukan bersama tutor.
  5. Mahasiswa dapat hadir secara sukarela ke kampus utama atau PBJJ untuk mendapatkan tutorial tatap muka langsung dan menikmati fasilitas kampus.
  6. Mahasiswa juga dapat mengakses digital library untuk mendapatkan literatur lain.

Profil Lulusan

Profil Lulusan

  1. Professional di bidang corporate communication dan marketing communication (Social Media Strategist, Communication Campaign Planner, Data Analyst, Digital Marketing Specialist, Corporate Communication Manager, dan lain-lain)
  2. Entrepreneur
  3. Researcher atau Akademisi
Helga Liliani Cakra Dewi, S. I.kom., M.Comm.
Chininta Rizka Angelia, S.I.Kom, M.Si
Silvanus Alvin, S. I. Kom., M.A.
Nicky Stephani, S.Sos., M.Si.
Mujiono Sandim, S.I.Kom.,M.I.Kom.
Riatun, S.Sos, M.I.Kom

Untuk menunjang proses belajar – mengajar, UMN menyediakan berbagai fasilitas perkuliahan yang lengkap dan mutakhir, sesuai dengan standar industri. Melalui keberadaan fasilitas tersebut, mahasiswa diajak untuk dekat dengan dunia industri sejak duduk di bangku kuliah dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri. Dengan begitu, akan mempermudah mahasiswa UMN untuk mendapatkan pekerjaan, bahkan sebelum wisuda.

UMN berdedikasi untuk menyediakan lingkungan yang mudah diakses dan inklusif bagi semua mahasiswa, termasuk mahasiswa […]

Dengan kapasitas yang lebih besar dibandingkan aula lainnya, Teater Kuliah mampu menampung hingga 500 orang […]

UMN mendukung kesejahteraan spiritual setiap mahasiswa dan staf dengan menyediakan fasilitas keagamaan termasuk ruang ibadah […]

Social Room UMN adalah ruang-ruang serbaguna yang dirancang untuk relaksasi dan interaksi mahasiswa. Mau itu […]

Toko buku di UMN menyediakan buku-buku pelajaran, perlengkapan akademik, dan merchandise bermerek universitas. Toko buku […]

Wi-Fi UMN memiliki sistem free flow di mana mahasiswa UMN tidak dikenakan kuota saat mengakses […]

Dilengkapi dengan perangkat teknologi yang dapat membantu mahasiswa melakukan diskusi dan merancang konsep, UMN melatih […]

UMN mengembangkan dua metode belajar online (e-learning), yaitu Sinkron Maya dan Asinkron. Dalam metode Sinkron […]

Ruang teater yang modern ini memiliki kapasitas hingga 200 orang. Ruangan ini sering digunakan untuk […]

Kegiatan-Kegiatan Non-Akademik

Dalam rangka mahasiswa untuk menggali dan mengembangkan potensi non-akademis yang dimilikinya, UMN juga menyediakan wadah bagi mahasiswa yang biasa disebut UKM, Unit Kegiatan Mahasiswa.

Student who are Nature Lovers in University Multimedia Nusantara can join and participate in UMN’s […]

Ultima Sonora is the Universitas Multimedia Nusantara Choir ensemble which has been established since 2007. […]

UMN Symphony Orchestra (USO), is one of the arts and culture UKM at UMN. As […]

Let’s Dance (LDNC) is a Student Activity Unit (UKM) that focuses on dancing. LDNC itself […]

Traditional Music and Dance or familiarly known as TRACCE is one of the Student Activity […]

Qorie is one of the many Student Activity Units at Universitas Multimedia Nusantara that has […]

LIHAT LEBIH BANYAK UNIT
KEGIATAN MAHASISWA UMN

Prosedur pendaftaran online UOL.

  1. Klik link berikut ini: Formulir Pendaftaran >
  2. Isi lengkap Formulir Pendaftaran UMN Online
  3. Melampirkan FC Raport kelas X & XI
  4. Melampirkan 2 lembar pasfoto terbaru (uk. 4×6)
  5. Cek formulir anda sekali lagi sebelum menekan tombol “Submit”
  6. Biaya pendaftaran: Perkuliahan Jarak Jauh Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah) dapat ditransfer ke :
    Rekening Virtual Account yang tertera setelah anda selesai mengisi Formulir Pendaftaran Online
  7. Mohon diperhatikan 9 digit terakhir No. Rekening Virtual Account Anda, berlaku sebagai Nomor Registrasi Ujian.
  8. Bagi lulusan SMA, SMK, Bahasa dan Sudah Bekerja
  9. Bagi Mahasiswa yang sudah diterima di UDL, wajib mengikuti pelatihan LMS / E-Learning UMN & mengisi kesediaan  mengikuti kegiatan tutorial online

Informasi lebih lanjut hubungi.

  • Andri 0877 9693 6964
  • Ami 0813 8392 2313
  • Admisi 0811 8129 495

Email: [email protected]


Perwakilan UDL di Balikpapan

MT Haryono Dalam No. 28,
Kelurahan Sungai Nangka,
Kecamatan Balikpapan Selatan
Telp. (0542)8702396

Testimoni Mahasiswa

Uta

Asisten Manager Usaha Aneka Jasa,
PT ASDP Indonesia Ferry (BUMN)

“UDL adalah solusi pendidikan yang inovatif untuk mendapatkan pendidikan berkualitas tinggi dengan fleksibilitas waktu dan tempat. Modul pembelajaran, video kuliah, bahan bacaan, dan sumber daya online lainnya dapat diakses dengan cepat dan praktis. Kemudahan akses ke perpustakaan digital dan basis data yang relevan mendukung penelitian dan referensi saya.

Melalui platform digital yang canggih, saya dapat berinteraksi dengan dosen dan rekan mahasiswa dalam diskusi online, tugas kelompok, dan proyek kolaboratif. Dosen-dosen juga sangat responsif dalam memberikan umpan balik dan bimbingan melalui platform digital ini.

Saya mendapatkan pendidikan berkualitas tinggi dengan fleksibilitas yang luar biasa. Saya dapat belajar sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup saya, tanpa mengorbankan kualitas pembelajaran.”

Popy Sopyaningsih

Sosmed Specialist “Santai” Asian Restaurant, Lisbon – Portugal

“UDL menghadirkan dosen tamu profesional disertai dengan fasilitas e-learning yang mudah dimengerti Perkuliahan online memberikan kebebasan yang lebih besar dalam mengatur waktu. Kita bisa belajar dan menyelesaikan tugas-tugas kuliah di mana saja dan kapan saja. Nah, ini pas banget buat kita yang suka jalan-jalan atau punya banyak kegiatan lain.

Saat ini saya tinggal di Portugal dan mengelola restoran Indonesia di Lisbon, namanya SANTAI. Seperti namanya saya sangat santai kuliah di UDL meskipun juga bekerja. Saya bisa menerapkan skill multitasking, seperti belajar sambil bekerja di manapun dan kapanpun!

Saya juga dapat memperluas jaringan sosial dengan dosen dan mahasiswa lain dari berbagai daerah di Indonesia. Dengan biaya yang lebih terjangkau dan tidak terikat oleh waktu dan tempat, kuliah online jarak jauh dengan waktu fleksibel adalah pilihan yang tepat.”

Gallery Info Mahasiswa UDL

“Dengan berkuliah di UDL, waktu untuk mengurus bisnis dan kuliah pun jadi balance. Bahkan, di UDL aku juga bisa mengembangkan banyak soft skill, seperti design thinking, komunikasi, problem solving, dan decision making yang bisa aku terapkan dalam menjalankan bisnis keluargaku.”

 

Devi Purnama Sari

Mahasiswi UDL angkatan 2022 batch 4

Digital Learning

Program Studi Digital Learning didesain untuk mahasiswa yang ingin mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Komunikasi dengan waktu belajar yang lebih fleksibel. Pembelajaran yang dilakukan melalui E-learning ini memungkinkan mahasiswa untuk dapat belajar di mana saja dan kapan saja.


Try Out Our Program Online Learning >

BERITA & PRESTASI UMN DIGITAL LEARNING