Kredit lulus 146 SKS
Program Pendidikan Akademik Sarjana Strata 1 Pendidikan Jarak Jauh
Durasi 4 Tahun
Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom.)

Apa itu Program Studi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Komunikasi Strategis?

Program Studi Pendidikan Jarak Jauh didesain untuk mahasiswa yang ingin mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Komunikasi dengan waktu belajar yang lebih fleksibel. Pembelajaran yang dilakukan melalui E-learning ini memungkinkan mahasiswa untuk dapat belajar di mana saja dan kapan saja. 

Melalui Program Studi PJJ Komunikas Strategis, mahasiswa akan mempelajari segala bentuk komunikasi yang berhubungan dengan bisnis, brand, maupun perusahaan. Mahasiswa mempelajari bagaimana sebuah perusahaan atau brand mengomunikasikan pesan-pesan mereka kepada masyarakat.

Mengapa harus memilih Prodi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Komunikasi Strategis di UMN ?

Program studi Komunikasi Strategis Universitas Multimedia Nusantara membekali mahasiswa tidak hanya dengan pengetahuan secara teori, tetapi dengan praktik secara langsung. Memberikan mahasiswa kesempatan untuk merasakan pengalaman untuk mengetahui bagaimana dunia industri saat ini bekerja. 

Membekali mahasiswa dengan pengetahuan perkembangan teknologi (ICT) seperti penggunaan Multimedia Laboratory dan Collabo Hub sebagai laboratorium kerja dalam memproduksi pesan – pesan komunikasi sehingga lulusan memiliki kompetensi yang seimbang antara pemahaman teori, implementasinya saat praktik hingga penggunaan teknologi dalam menghadapi dunia kerja.  Pembekalan ini disesuaikan dengan kebutuhan industri 4.0 saat ini. 

Selain itu, strategic communication UMN telah bekerja sama dengan Skystar Ventures, sebuah Bisnis Incubator yang dimiliki UMN, memberikan mahasiswa kesempatan untuk lulus dalam waktu tiga setengah tahun dengan membuat sebuah proyek. Melalui jalur Fast Track, Skystar Ventures akan memberikan bimbingan dan juga permodalan untuk mahasiswa dalam menjalankan bisnisnya sehingga mereka akan dipersiapkan menjadi seorang Wirausahawan yang merintis usaha bisnisnya sendiri dan  dapat menyelesaikan perkuliahan dengan waktu yang lebih cepat. 

Menjadi Program Studi Strata Satu Komunikasi Strategis unggulan yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional, yang kompeten dalam bidang Corporate Communication dan Marketing Communications yang berbasiskan logika, etika, dan Information and Communication Technology (ICT) dengan menekankan penguasaan teoritis dan praktis, berjiwa wirausaha serta berbudi pekerti luhur.

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas, didukung tenaga pengajar berkualitas, didukung tenaga pengajar professional dan kurikulum yang up to date yang link and match dengan industri.
  2. Melaksanakan program penelitian yang memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu komunikasi berbasis ICT.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang terkait dengan komunikasi, sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat dan dunia industri.

Dalam program studi ini terdapat dua peminatan yakni Corporate Communication dan Marketing Communication. Corporate Communication, mempelajari bagaimana sebuah perusahaan berkomunikasi kepada seluruh pihak baik secara internal dan eksternal seperti karyawan,konsumen, investor, komunitas, kompetitor hingga pemerintahan untuk meningkatkan citra dan reputasi dari perusahaan tersebut sedangkan Marketing Communication lebih berfokus kepada bagaimana mengkomunikasikan sebuah brand dari sebuah  produk atau jasa kepada konsumennya agar dapat dikenal oleh masyarakat  dan meningkatkan nilai penjualan dari Brand tersebut.

Lulusan program studi Komunikasi Strategis dapat bekerja pada bidang-bidang komunikasi, Public Relations, Marketing, Tourism , ataupun kreatif lainnya. Beberapa profil pekerjaan yang dapat diambil sebagai berikut.

Corporate Coomunication 

PR Executive, PR Manager, PR Consultant, Brand Manager, Corporate Communication Officer, Investor Relations Officer, Corporate Secretary, Humas Pemerintah, Public Speaker, Negotiator, Political Consultant, Social Media Specialist, Researcher, Lecturer.

Marketing Communication 

Account Executive, Marketing Communication Manager, Strategic Planner, Media Planner, Event Organizer, Brand Manager, Copywriter, Political Consultant, Social Media Specialist, Researcher, Lecturer.

Lulusan prodi Ilmu Komunikasi UMN bisa melanjutkan studinya di Bidang Komunikasi, Public Relations, Marketing, Tourism dan Bidang Ilmu Sosial yang lain.

Mempersiapkan mahasiswa menjadi sarjana ilmu komunikasi yang menguasai konsep dan teori terkait komunikasi dan menguasai perkembangan teknologi (ICT) berserta penerapannya di bidang komunikasi, serta  memahami pemanfaatan berbagai macam channel multimedia dalam memproduksi produk-produk komunikasi secara kreatif. Selain itu, mempersiapkan mahasiswa agar mampu menyelesaikan masalah komunikasi yang terjadi di masyarakat sesuai dengan etika dan norma yang berlaku.

Mahasiswa Program Studi PJJ Strategic Communication UMN akan mempelajari mengenai teori dan praktik terkait komunikasi selama masa studi. Secara umum kurikulum Program Studi PJJ Strategic Communication UMN dapat dijelaskan sebagai berikut:

Tahun Pertama : Mahasiswa akan mempelajari mengenai pemahaman akan teori komunikasi, pengantar public relations dan advertising. Di tahun pertama ini juga, mahasiswa diajarkan untuk menjadi seorang yang kritis dan kreatif serta pengenalan pada program-program berbasis multimedia.

Tahun Kedua : Mahasiswa akan mempelajari mengenai macam-macam bentuk komunikasi mulai dari lingkungan yang kecil seperti komunikasi antar probadi hingga lingkup yang lebih luas seperti komunikasi massa. Memahami lebih dalam mengenai kegiatan public relations dan advertising yang dilengkapi dengan pemahaman mereka mengenai industry media, politik, isu global, hingga analitik data digital.

Tahun Ketiga : Mahasiswa mendalami bidang strategic communication dengan mempelajari mata kuliah yang lebih spesifik, seperti Corporate Communication Management, Reputation Management, Community Relations and Engagement, dan lain-lain. Selain itu pada tahun ke tiga mahasiswa juga dapat melakukan program internship. 

Tahun Keempat : Mahasiswa akan melakukan program entrepreneurship dan mengerjakan proyek tugas akhir. 

  • Lulusan SMA/SMK Sederajat (verifikasi dengan ijazah dan SKHUN)
  • Mengikuti pelatihan LMS/e-learning UMN

Profil lulusan Konsentrasi Multimedia Public Relations : 

  1. Profesional (Praktisi Corporate Communication/Public Relations
    Bidang karir tersedia bagi lulusan yang ingin membangun karir di institusi pemerintah maupun non-pemerintah sebagai praktisi corporate communication/Public Relations. Bidang ini juga meliputi Media Relations, Government Relations, Investor Relations, Internal Relations, dan Community Relations. 
  2. Peneliti di bidang Corporate Communication/Public Relations
    Bidang ini tersedia bagi lulusan yang ingin berkarir di bidang penelitian Corporate Communication baik dari aspek sumber, konten, khalayak, dan efek dalam teknologi multimedia, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. 
  3. Corporate Communication/PR Consultant
    Bidang ini tersedia bagi lulusan yang ingin berkarir sebagai Corporate Communication/Public Relations Consultant, membantu perusahaan dalam merancang strategi komunikasi korporat. Selain itu, lulusan juga dapat membangun agensi di bidang tersebut, 
  4. Akademisi
    Bidang ini dapat dipilih oleh lulusan yang berminat membangun karir sebagai akademisi/dosen di bidang Ilmu Komunikasi, tentunya setelah lulusan melanjutkan studi Master di bidang tersebut. 

back to home