
Tren Pemasaran Digital 2025: Strategi yang Wajib Diketahui Bisnis Modern
Oktober 25, 2025
Personal Branding di Era Digital: Kunci Sukses Karir dan Bisnis
Oktober 25, 2025
Skill Wajib Digital PR & Digital Marketing yang Harus Dimiliki Fresh Graduate (Sumber: Casa Kreatif)
Public relations (PR) atau hubungan masyarakat adalah suatu profesi yang berperan penting dalam perusahaan yang bertugas menjalin hubungan serta menciptakan citra positif dengan mitra seperti media, pelanggan karyawan, maupun masyarakat. Perlu diketahui juga bahwa kini juga ada profesi PR yang menyesuaikan perkembangan teknologi, yaitu Digital Public Relations, yaitu strategi komunikasi dan pengelolaan reputasi yang memanfaatkan platform digital dan teknologi internet untuk membangun, menjaga, serta meningkatkan citra positif sebuah individu, merek, atau organisasi.
Digital marketing merupakan suatu kegiatan memasarkan suatu produk maupun jasa melalui media digital untuk menjangkau audiens dan meningkatkan penjualan. Public relations (PR) dan digital marketing dalam perusahaan memiliki hubungan yang erat. PR membangun reputasi perusahaan lalu digital marketing memperluas jangkauan tersebut melalui media digital. Untuk bisa maksimal dalam keduanya. Bagi kalian yang berminat dengan dua bidang ini perlu mengetahui apa saja skill PR dan digital marketing yang harus dimiliki, khususnya untuk para fresh graduate.
Public relations (PR) dan digital marketing sama-sama memiliki peran penting dalam perusahaan, antara lain seperti membangun dan menjaga reputasi, manajemen krisis, menciptakan brand story & trust, komunikasi internal, membangun relasi meningkatkan brand awareness, mendorong penjualan mengumpulkan dan menganalisis data, membangun engagement online, serta efisiensi biaya promosi. Jika kedua bidang ini bekerja sama dengan baik maka perusahaan bisa membangun brand yang kuat sekaligus profitable.
Menulis

Sumber: Grow and Convert
Seorang PR dan digital marketer perlu memiliki skill menulis yang baik. Skill ini penting dalam bidang humas dan pemasaran. Bentuk tulisan yang dibuat bisa bermacam-macam, ada yang membuat artikel, konten website, dan jenis lainnya. Skill menulis yang lebih mendalam antara lain seperti copywriting, content writing, press release writing, speech & script writing, internal communication, social media captioning landing page writing, SEO writing, corporate storytelling, dan lainnya. Kemampuan menulis bagi PR dan digital marketer diharapkan bisa menyampaikan pesan dalam bentuk cerita yang menarik serta pesan yang disampaikan harus jelas, ringkas dan bisa menyesuaikan gaya bahasa dengan target audiens. Dengan memiliki skill menulis yang baik maka bisa membangun persepsi publik dan mempengaruhi audiens lewat kata-kata. Selain itu dengan storytelling perusahaan yang baik maka bisa membuat brand terasa lebih humanis dan dekat denga publik.
Public Speaking

Sumber: LSPR
Public speaking atau kemampuan untuk berbicara dengan baik di depan publik adalah skill penting yang harus dimiliki oleh PR, baik itu secara online maupun secara offline harus menguasai keduanya. PR dan digital marketer dapat dikatakan sebagai perwakilan perusahaan di publik sehingga perlu bisa menyampaikan pesan dengan jelas, meyakinkan dan engaging. Kemampuan public speaking penting untuk dilakukan seperti jika berada dalam situasi genting seorang PR perlu bisa bicara yang tenang jelas dan persuasif untuk bisa menjaga reputasi perusahaan. Selain itu PR juga bisa membangun hubungan dengan stakeholder seperti presentasi, pidato, atau forum diskusi. Bgai digital marketer, public speaking penting dilakukan untuk presentasi strategi dan hasil kampanye kepada manajemen atau klien, membangun personal branding dengan perlu tampil percaya diri di video marketing atau webinar, serta membantu saat pitching ide campaign bahkan membuat konten interaktif seperti live streaming maupun Q&A di media sosial.
Google Analytics

Sumber: AgencyAnalytics
Google analytics adalah sebuah platform pengukuran gratis dari Google yang bisa mengumpulkan data dari situs dan aplikasi untuk membuat laporan yang memberikan insight tentang bisnis. Para pebisnis banyak memanfaatkan platform ini, oleh karena itu menguasai google analytics adalah skill yang perlu dimiliki oleh PR dan digital marketer. Beberapa alasan mengapa google analytics penting antara lain:
- mengukur dampak publikasi untuk mengetahui seberapa banyak traffic yang datang dari press release, artikel media online, atau campaign PR digital
- menganalisis sentimen publik dengan memantau perilaku pengunjung di website
- mengukur kinerja campaign seperti performa iklan, SEO, email marketing, atau media sosial dalam menghasilkan traffic & konversi
- mengoptimasi strategi digital untuk untuk meningkatkan efektivitas campaign
Promosi dan Pemasaran

Sumber: Qoala Plus
Kegiatan promosi dan pemasaran dalam perusahaan adalah tahapan penting yang perlu dilakukan. Promosi dan pemasaran bisa dilakukan dengan berbagai macam baik itu soft selling maupun hard selling. Walaupun PR bukan sebagai marketer yang mrni, namun tetap membutuhkan skill promosi untuk membangun citra dan kepercayaan publik. Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh PR dalam promosi antara lain seperti event promotion, storytelling & branding, crisis communication & branding, media relations, dan mengelola kampanye sosial sehingga bisa meningkatkan reputasi. Bagi digital marketer, fokus yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan strategi yang menghasilkan engagement, seperti:
- menguasai skill digital advertising, seperti promosi berbayar (Google Ads, Meta Ads, TikTok Ads)
- SEO & content marketing, agar bisa memasarkan konten yang bisa mudah ditemukan di mesin pencari
- social media marketing, membuat konten promosi kreatif yang bisa viral & engage audiens
- email & automation marketing, dengan mengirimkan promosi yang personal dan terukur untuk retensi pelanggan
Jika kamu tertarik ingin menjadi PR, Digital PR maupun digital marketer, maka UMN mempunyai jurusan yang kamu butuhkan untuk mencapai karir tersebut, yaitu jurusan komunikasi strategis yang berfokus terhadap keahlian dalam komunikasi korporat dan komunikasi pemasaran. Pengetahuan dan keterampilan ini berguna untuk merancang strategi komunikasi yang efektif, tidak hanya untuk individu, tetapi juga untuk perusahaan dan brand.
Sumber:
- lspr.ac.id
- glints.com
- umn.ac.id
- penulis
by Latifah Uswatun Khasanah
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara.




