
E-Commerce: Tantangan & Peluang Brand Lokal UMN
Oktober 25, 2025
Skill Wajib Digital PR & Digital Marketing yang Harus Dimiliki Fresh Graduate
Oktober 25, 2025
Tren Pemasaran Digital 2025: Strategi yang Wajib Diketahui Bisnis Modern (Sumber: Indonesian Cloud)
Pemasaran digital atau seringkali didengar dengan digital marketing adalah suatu profesi yang secara umum bertugas merencanakan, membuat dan menerapkan strategi pemasaran digital. Seorang digital marketer ini menggunakan bantuan platform digital untuk mengerjakan tugasnya. Kini kita juga perlu mengetahui tren pemasaran digital di tahun 2025 agar bisa lebih optimal dalam menjalankan tugas. Dengan mengetahui tren pemasaran digital maka bisa menerapkan strategi digital yang sesuai dengan kebutuhan pasar.
Perkembangan teknologi di tahun 2025 ini membuat kita untuk beradaptasi dengan teknologi sehingga bisa memanfaatkannya dengan maksimal. Hal ini berlaku juga dalam bidang pemasaran dimana kini telah banyak strategi maupun tren pemasaran digital. Bagi bisnis, mengikuti tren ini bukan sekadar pilihan, melainkan kebutuhan untuk tetap kompetitif. Brand yang mampu beradaptasi akan lebih mudah membangun hubungan otentik dengan konsumen, meningkatkan engagement, dan menciptakan loyalitas jangka panjang.
Artificial Intelligence

Sumber: Zaballa Innovation
Artificial intelligence atau kecerdasan buatan menjadi hal yang bisa dimanfaatkan dengan maksimal. AI bisa membuat konten iklan, email, atau rekomendasi produk yang disesuaikan per individu secara otomatis. Kini juga telah banyak generative AI seperti Chat GPT, Runway, Mid Journey bisa bikin teks, gambar, video, bahkan audio untuk kampanye. Dalam bidang data, AI juga bisa menganalisis big data untuk memprediksi perilaku konsumen (predictive analytics). Beberapa contoh implementasi AI dalam pemasaran digital adalah chatbot AI, AI Influencer, AI Copywriting & desain, predictive personalization, generative SEO (GEO). Beberapa tips menggunakan AI untuk personal branding antara lain:
- Transparan, konsumen makin peduli apakah konten dibuat manusia atau AI.
- Human & AI collaboration, gunakan AI sebagai asisten kreatif, bukan pengganti manusia.
- Eksperimen cepat, brand yang cepat mencoba dan mengadaptasi AI akan lebih unggul.
Digital Marketing
Digital marketing adalah suatu strategi pemasaran produk, jasa, atau brand yang menggunakan media digital dan internet sebagai saluran utama untuk menjangkau, mempengaruhi, serta berinteraksi dengan audiens. Sebagai perbandingannya jika pemasaran tradisional menggunakan media cetak, billboard, TV, atau radio, maka digital marketing lebih berfokus pada platform online yang mudah diukur dan ditargetkan. Digital marketing juga memiliki beberapa teknik yang bisa diterapkan, yaitu Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Management (SMM), content marketing, email marketing, dan lainnya.
Keberlanjutan dan Privasi Data

Sumber: detik.com
Keberlanjutan atau sustainability dan privasi data adalah dua hal yang penting pula dalam pemasaran digital. Kini banyak orang mempertimbangkan dan peduli dengan lingkungan. Dengan demikian hal ini bisa menjadi faktor penentu kepercayaan konsumen. Keberlanjutan dalam pemasaran digital meliputi
- green marketing, konsumen makin memilih brand yang peduli lingkungan (misalnya: packaging ramah lingkungan, energi terbarukan).
- transparansi & storytelling, brand perlu bercerita tentang dampak sosial/lingkungan mereka → bukan sekadar “greenwashing”.
- sustainability content, konten yang menonjolkan nilai keberlanjutan lebih dipercaya dan lebih mudah viral, terutama di kalangan Gen Z & Gen Alpha.
- carbon-neutral campaigns. digital ads pun mulai diukur jejak karbonnya, dan ada tren brand beralih ke platform yang ramah energi.
Seseorang bisa menggabungkan sustainability & trust marketing untuk menunjukkan aksi nyata. Selain itu bisa membangun hubungan dengan konsumen lewat first-party & zero-party data (memahami apa yang pelanggan lakukan dan mengapa mereka melakukannya) serta menyediakan konten edukasi tentang bagaimana brand menjaga privasi & keberlanjutan.
Social Media Marketing
Social Media Marketing (SMM) adalah sebuah strategi pemasaran digital yang menggunakan platform media sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook, YouTube, LinkedIn, dll. Tujuan dari SMM adalah untuk membangun brand awareness, menjalin interaksi dengan audiens, serta mendorong penjualan produk atau jasa. SMM ini termasuk dari salah satu tren dalam digital marketing yang berfokus pada sosial media sebagai saluran utama. Beberapa tren dalam social media marketing yang sering digunakan antara lain video pendek dan konte interaktif
Video Pendek

Sumber: Harapan Rakyat
Saat ini berbagai platform banyak menyediakan fitur untuk bisa membuat dan menayangkan video pendek seperti Reels, YouTube Shorts, Tiktok, dll. Hal ini memudahkan audience dalam menonton yang tidak membutuhkan banyak waktu untuk sampai ke poin inti pembahasan sehingga format ini dinilai efektif untuk memberikan pesan dalam bentuk konten video. Engagement yang dihasilkan dalam format ini juga lebih tinggi dan cenderung lebih mudah viral karena algoritma lebih memprioritaskan konten yang singkat. Beberapa tips agar video pendek lebih efektif yaitu hook di 3 detik pertama agar menarik perhatian penonton, teks dan caption yang jelas, buat format yang optimal untuk mobile, call to action yang jelas serta konsistensi posting.
Konten Interaktif dan Autentik

Sumber: ToffeeDev
Konten interaktif dan autentik termasuk ke dalam dua pilar penting dalam pemasaran digital. Konten interaktif berarti melibatkan audiens secara langsung sehingga mereka ikut berpartisipasi, bukan sekadar menonton. Hal ini bisa menjalin ikatan antara creator dengan audiens. Mengadakan kuis, polling, dan user generated content adalah contoh mendorong audiens terlibat langsung dengan brand. Manfaat konten interaktif ini engagement lebih tinggi dan brand lebih mudah masuk ke obrolan audiens. Konten autentik artinya konten yang jujur, natural, dan relatable tanpa terlalu banyak “polish” marketing. Ciri-ciri dari konten yang autentik adalah gaya komunikasi seperti percakapan sehari-hari, menunjukkan sisi manusiawi brand (behind the scenes, bloopers), menggunakan micro/nano influencer sehingga terasa lebih dekat & dipercaya, serta testimoni pelanggan asli, bukan skenario buatan. MAnfaat dari konten autentik adalah bisa membangun kepercayaan dan loyalitas lebih relevan untuk generasi masa kini, serta lebih mudah viral karena terasa organik.
Universitas Multimedia Nusantara (UMN) memiliki beberapa program studi yang bisa memberikan materi terkait digital marketing. Sebagai contoh jika kamu memilih jenjang S1 maka bisa memilih program studi S1 Manajemen lalu memilih peminatan yang relevan atau juga bisa lintas program studi dengan S1 Sistem Informasi untuk menerapkan teknologi digital dalam pemasaran. Jika jenjang yang kamu pilih adalah S2 maka bisa memilih program studi Magister Ilmu Komunikasi dengan konsentrasi Komunikasi Pemasaran Digital.
Sumber:
- vads.co.id
- umn.ac.id
- digitalmarketinginstitute.com
- penulis
by Latifah Uswatun Khasanah
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara.



