Youthmanual Raih Kesempatan Lebarkan Sayap Ke UK

Youthmanual Raih Kesempatan Lebarkan Sayap Ke UK

Rizky Muhammad, Founder & CEO Youthmanual.com (paling kanan dengan busana batik) beserta seluruh peserta Newton Fund

Rizky Muhammad, Founder & CEO Youthmanual.com (paling kanan dengan busana batik) beserta seluruh peserta Newton Fund

Naiknya rasio wirausaha di Indonesia yang semula hanya 1,67% di tahun 2013/2014 menjadi 3,1% dalam dua tahun terakhir telah menandakan berkembangnya wirausaha di Indonesia. Hal ini tentu tak lepas dari peran masyarakat bersama pemerintah, serta penggiat wirusaha dan juga peran universitas yang kooperatif dalam mendorong lahirnya wirausaha dari berbagai bidang.

Selain itu, adanya anjuran Menkop dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga kepada para pelaku bisnis untuk menjadi social entrepreneur, menjadi panduan Skystar Ventures, inkubator teknologi Universitas Multimedia Nusantara (UMN) untuk terus melahirkan entrepreneur yang tidak hanya mengejar keuntungan semata, namun juga memberikan manfaat bagi lingkungan dan orang banyak.

Baca juga: Skystar Ventures UMN Raih Penghargaan ICSB Presidential Award 2017

Youthmanual.com, salah satu startup binaan Skystar Ventures yang bergerak di bidang edukasi, berhasil lolos mewakili Indonesia dalam Program Newton Fund Leaders and Innovation Fellowship di Inggris, United Kingdom, 15-26 Januari 2018 yang lalu. Program yang berdurasi satu tahun dan diinisiasi oleh pemerintah Inggris ini bertujuan untuk mencari para pembawa perubahan dan juga startup founders dari negara-negara berkembang untuk dapat meningkatkan economic development dan social welfare di negara asal.

Selama 2 minggu di Inggris, Youthmanual beserta para peserta program Newton Fund Leaders lainnya diberikan pembekalan mengenai cara mendorong inovasi agar dapat memberikan dampak yang lebih besar, serta akses untuk melakukan kerjasama bahkan pendanaan dengan berbagai kepentingan seperti British Council dan UK Innovation.

Rizky Muhammad, selaku Founder & CEO dari Youthmanual menjelaskan bahwa selama satu tahun kedepan, Newton Fund akan terus memonitor perkembangan Youthmanual melalui e-mentoring dan e-coaching. “Masing-masing startup diberikan mentor yang dapat dikontak selama 24 jam, dan di bulan Agustus 2018 nanti, para mentor dari Newton Fund ini akan datang ke Indonesia untuk mengevaluasi secara langsung perkembangan Youthmanual”, paparnya.

Youthmanual yang hingga kini telah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pelajar di seluruh Indonesia, akan terus mengembangkan sayapnya baik di dalam maupun luar negeri. “Tahun 2018 ini banyak sekali target yang sudah kita rencanakan, termasuk pengembangan partnership dengan UK, melanjutkan kolaborasi dengan Kemenristekdikti, Program Newton Fund, kerjasama dengan Islamic Development Bank (IDB), dan yang terbaru adalah pengembangan layanan persiapan masuk SMK untuk siswa SMP”, ungkap Rizky.

Youthmanual merupakan salah satu cerminan bentuk keseriusan Skystar Ventures dalam mendukung lahirnya para Social Entrepreneurs di Indonesia. Tak heran jika Skystar Ventures telah dinobatkan sebagai Inkubator Terbaik kategori inkubator pendatang baru dari Kemenristekdikti di tahun 2016 dan 2017. Kedepannya, Skystar Ventures akan terus berkontribusi dalam mendukung misi Presiden Joko Widodo untuk mencapai rasio wirausaha diatas 4%.*

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi InformatikaSistem Informasi Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | ManajemenKomunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan | International Program, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id