UMN Adakan Workshop Turnitin Batch kedua

UMN Adakan Workshop Turnitin Batch kedua

turnitin perpustakaan universitas multimedia nusantara umn universitas terbaik di jakarta

Dosen beserta Marketing Executive Turnitin (kelima dari kiri) dalam workshop Turnitin Batch kedua.

 

TANGERANG – Perpustakaan UMN adakan workshop Turnitin bersama para dosen pada Kamis (24/01). Workshop ini merupakan kali kedua yang sudah pernah dilaksanakan perpustakaan bersama Turnitin. Workshop ini diberikan langsung oleh Turnitin sebagai fasilitas karena sudah berlangganan.

Turnitin merupakan software pengecekan plagiarisme berbasis web yang mampu mendeteksi tingkat plagiarisme terhadap suatu karya tulis. Namun Turnitin hanya bisa diakses bagi yang sudah berlangganan. UMN bersama dengan lima perguruan tinggi lainnya berlangganan Turnitin secara konsorsium terhitung sejak Januari 2018.

Workshop ini bertujuan untuk melatih para dosen dalam menggunakan Turnitin. Turnitin ini nantinya bisa digunakan untuk mendeteksi tingkat plagiarisme karya ilmiah, skripsi, atau laporan magang mahasiswa. Turnitin juga bukan hanya mendeteksi plagiarisme, tapi juga mampu mendeteksi kesalahan sitasi yang terdapat dalam tulisan.

“Memang saat ini sudah banyak software semacam Turnitin yang bisa mendeteksi plagiarisme, tapi Turnitin ini bisa mendeteksi sangat detail, bahkan bisa dicek berapa persen tingkat plagiarismenya,” ujar Orisa, pengawas perpustakaan.

Menurut arahan perpustakaan, persentase maksimal plagiarisme yang diizinkan dalam suatu karya ilmiah adalah sebesar 30% untuk mahasiswa, dan 20% untuk dosen. Namun akses untuk Turnitin ini baru diprioritaskan untuk dosen dan mahasiswa yang mengerjakan skripsi dan laporan magang saja.

“Nanti ke depan pasti kita akan tambah kuota langganannya, kalau sekarang hanya untuk mahasiswa skripsi dan magang, nanti di masa yang akan datang mulai dari mahasiswa baru akan kita berikan akun Turnitin,” kata Orisa.

Walaupun belum semua mahasiswa diberikan akun untuk mengakses Turnitin, namun mahasiswa tetap bisa mengakses Turnitin secara gratis melalui perpustakaan.

*by Wilfridus Andrew Francois – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi InformatikaSistem Informasi Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | ManajemenKomunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan | International Program, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id