Tim Mahasiswa UMN Rebut Juara 2 & Juara Favorit Jakarta Editors Lab 2017

Tim Mahasiswa UMN Rebut Juara 2 & Juara Favorit Jakarta Editors Lab 2017

Mahasiswa UMN juara Jakarta Editors Lab kompetisi internasional

Tiga mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) berhasil menjadi jauara 2 sekaligus juara favorit pilihan peserta dalam kompetisi Jakarta Editors Lab 2017 di Jakarta pada Sabtu (6/4) lalu.

Tim mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) mendapatkan juara 2 dan tim favorit pilihan peserta dalam Jakarta Editors Lab 2017 yang diselenggarakan pada Sabtu (6/4) kemarin. Tim UMN merupakan satu-satunya peserta yang berasal dari kalangan kampus dan berhasil mengalahkan 12 peserta yang berasal dari media besar seperti CNN Indonesia, Liputan6.com, Kompas.com, Tempo, Suara.com, The Jakarta Post, Solopos, Katadata.co.id, Viva.co.id, Kabarmakassar.com, dan Purwokertokita.com.

Tim UMN sendiri terdiri dari Ni Putu Angelina (Jurnalis), Rudiyanto (Developer), dan Yohana Putri Irene (Desainer)yang berasal dari tiga program studi berbeda, yaitu Ilmu Komunikasi, Teknik Informatika, dan Desain Komunikasi Visual. Dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia dan Global Editors Network (GEN) dan didukung oleh British Council dan Google News Lab ini, ketiganya membuat sebuah aplikasi yang mengangkat soal perbandingan antara kondisi pendidikan di daerah dan kota di Indonesia.

tim-mahasiswa-UMN-mempersiapkan-prototipenya-untuk-kompetisi-Jakarta-Editors-Lab-2017“Kami membuat sebuah prototipe yang mengangkat persoalan mengenai kualitas pendidikan di desa dan kota Indonesia. Kami menyajikan data jurnalistiknya dalam bentuk maps di Google dengan filter-filter poin seperti fasilitas dan ketersediaan guru. Di aplikasi ini nantinya, para pengguna bisa melihat kondisi ruang kelas, ketersediaan guru di setiap daerah dan bisa membandingkannya dengan kondisi yang ada di kota,” papar Rudi.

Angel menambahkan melalui prototipe aplikasi ini, mereka ingin mengajak masyarakat, media, lembaga, pemerintah untuk peduli dengan infrastruktur sekolah dan melakukan sesuatu. “Kami juga ingin mengajak masyarakat untuk berdonasi selain mengumpulkan data,” ungkapnya.

(Baca juga: Kado Manis di Bulan Februari untuk Ultimagz)

mahasiswa UMN mempresentasikan prototipeny dalam Jakarta Editors Lab 2017Dalam kompetisi yang bertajuk “Prototyping the Future of News” ini, ketiganya mengaku tidak mengharapkan bisa mendapat juara kedua dan juara favorit. Apalagi mengingat lawan-lawan mereka tergolong kalangan profesional dan sangat paham mengenai produk jurnalistik dan pengaplikasian teknologi informasi dalam produk jurnalitik tersebut.

“Kami sejujurnya tidak memiliki ekspektasi apapun saat mengikuti lomba ini. Kami hanya ingin mencari pengalaman, ilmu, dan mengenal orang baru. Kami sadar kalau saingannya berasal dari media-media besar. Apalagi prototipe yang mereka buat sangat maju dan sudah siap. Punya kami tidak ada apa-apanya. Jadi kalau kalah pun tidak mengapa,” ungkap Angel.

Keberhasilan tim UMN dan Independen.id keluar sebagai juara kedua dan pertama pun di luar ekspektasi penyelenggara. Hal tersebut diakui oleh Ketua AJI, Suwarjono. “Ini mengejutkan sekaligus menunjukkan generasi millenial mempunyai cara sendiri memilih informasi, yakni dengan prototipe yang mengedepankan unsur interaksi antara publisher dengan pembaca,” katanya.

Selamat buat prestasi kalian yang membanggakan Angel, Rudi, dan Yohana!(*)

by Grace Natali – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Teknik Informatika | Sistem Informasi | Sistem Komputer|Akuntansi|Manajemen|Ilmu Komunikasi | Desain Komunikasi Visual, di Universitas Multimedia

6 − four =

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 4 =