Keunggulan Program Studi

Kemajuan teknologi terutama di bidang digital saat ini memacu masyarakat untuk hidup lebih praktis dan efisien. Hanya dengan mengakses smartphone, masyarakat sudah bisa memenuhi kebutuhannya. Semua fasilitas hingga tata kota akhinya dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan ini. Konsep Smart City yang mengintegrasikan informasi dan komunikasi teknologi (ICT) serta Internet of Things pun bermunculan di kota-kota besar Indonesia.

Untuk mendukung perkembangan Smart City dan Internet of Things, dibutuhkan pula sumber daya manusia yang cerdas dan kompeten di bidang ini. Program studi Teknik Komputer Universitas Multimedia Nusantara pun terpanggil untuk mempersiapkan bibit-bibit unggul tersebut dengan memfokuskan pembelajarannya pada Teknologi dan Sistem Cerdas atau yang lebih dikenal dengan istilah Smart Systems & Technologies.

Proses pembelajaran dalam program studi Sistem Komputer dilengkapi dengan laboratorium untuk penelitian dan pengembangan Smarts Systems & Technologies, seperti Laboratorium System Embedded, Laboratorium Mikroprosesor, dan Laboratorium Sistem Cerdas (Smart Room). Selain itu ada pula laboratorium jaringan komputer dengan teknologi terdepan yang didukung oleh perusahaan internasional ternama seperti Cisco, Huawei, dan Mikrotik. UMN menjadi Huawei Authorized Networking Academy (HANA) pertama di Indonesia dan Cisco Networking Academy.

cisco_logo_large
huawei
logo_new800

Kurikulum

Mahasiswa Program Studi Teknik Komputer akan dilengkapi dengan pengetahuan yang mendalam mengenai organisasi dan arsitektur komputasi, organisasi dan arsitektur pengingat, Sistem Operasi (termasuk di dalamnya Linux dan Windows serta basis piranti lunak yang bekerja pada sistem operasi tersebut), Bahasa Pemrograman, Algoritma, Implementasi Hardware, Pemrograman Modular pada FPGA, Membangun Device Drivers, Pengembangan Web, Sistem Terdistribusi.

Prospek Karir

Computer System Engineer/System Developer, Network Engineer/Administrator, Network Programmer, Software/Hardware Engineer, Embedded System Engineer, Perancang sistem berbasis teknologi digital sereperti otomasi industri, robotik, System analyst, Interface Designer, Research Assistant, Akademisi, Technopreneur

Studi Lanjut

Lulusan prodi Teknik Komputer UMN bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau Master di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri. Lulusan bisa mengambil master degree di bidang Computer Engineering, Information Technology, Data Communication, Mechatronics, Electronics Engineering.

Persyaratan Masuk

Lulusan SMA jurusan IPA
Lulusan SMK jurusan Teknik Komputer, Teknik Informatika, Teknik Komputer Dan Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak.

Peminatan Prodi Teknik Komputer

  • Smart Systems and Technologies

Menjadi Fakultas Teknik dan Informatika unggulan yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional, yang kompeten di bidang teknik, rekayasa dan informatika, yang berjiwa wirausaha dan berbudi pekerti luhur.

Menjadi Program Studi Strata Satu Teknik Komputer unggulan yang menghasilkan lulusan kompeten berwawasan internasional, dengan fokus pada bidang Internet of Things, berjiwa wirausaha dan berbudi pekerti luhur.

  1. Menjadi Fakultas Teknik dan Informatika unggulan yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional, yang kompeten di bidang teknik, rekayasa dan informatika, yang berjiwa wirausaha dan berbudi pekerti luhur.
  2. Melaksanakan program penelitian yang memberikan kontribusi bagi pengembangan bidang teknik, rekayasa dan informatika.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat khususnya dalam pemanfaatan bidang teknik, rekayasa dan informatika untuk mendukung kinerja organisasi.
  1. Menyelenggarakan pembelajaran dengan metode dan teknologi terbaik yang didukung kurikulum dan tenaga pengajar terbaik yang memiliki kompetensi tinggi dalam bidang Teknik Komputer.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian yang mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang Teknik Komputer khususnya Internet of Things serta mendukung proses belajar-mengajar.
  3. Melaksanakan kegiatan dan layanan di bidang Teknik Komputer yang bermanfaat bagi pengembangan dunia industri, pemerintah, dan masyarakat.

Pengenalan Teknik Komputer

Gallery Video Teknik Komputer

back to home