Prof. Dr. Muliawati G. Siswanto, M.Eng.Sc. - UMN

Prof. Dr. Muliawati G. Siswanto, M.Eng.Sc.

bumuliawati

Prof. Dr. Muliawati G. Siswanto, M.Eng.Sc.

Wakil Rektor Bidang Hubungan dan Kerjasama
Vice Rector for Relationship and Cooperation

Pendidikan dan belajar adalah dunia dari Prof Dr Muliawati G Siswanto. Dirinya mengaku bahwa semasa sekolah dan kuliah dirinya begitu mengemari kegiatan belajar . Beliau mulai merintis kariernya dimulai dari menjadi salah satu dosen di Universitas Indonesia(UI) pada tahun (1968). Pada umur 50 pun perempuan yang juga ternyata hobi basket ini sempat memutuskan pensiun dari pekerjaanya di UI untuk fokus kepada anak cucunya. Tapi karena mendapatkan banyak tawaran pekerjaan, Prof Dr Muliawati pun memutuskan untuk menunda masa pensiunannya tersebut.

Pengalamannya dalam dunia rektorat sudah tidak perlu diragukan lagi,Prof Dr Muliawati pernah menjadi Wakil Rektor di Universitas Indonusa. Beliau juga sebelumnya pernah menjadi Rektor di President University di Cikarang. Tidak berhenti di situ perempuan yang pernah menjadi Direktur pasca di Universitas Pelita Harapan (UPH). Pada akhirnya pun, perempuan yang juga fasih berbahasa Inggris dan Jerman ini mendapatkan tawaran di UMN sebagai wakil Rektor Bidang Hubungan dan Kerjasama di UMN pada tahun 2007. Tawaran itu pun diambilnya karena beliau menilai bahwa Kompas Gramedia adalah perusahaan yang mempunyai visi dan misi yang selalu membangun dan mendidik masyarakat menjadi baik, cerdas dan berkarakter.

Mengenai latar belakang pendidikan, Prof Dr Muliawati tidak perlu dipertanyakan lagi. Pada jenjang S1 beliau merupakan mahasiswi kelulusan program studi fisika di Institute Teknologi Bandung. Perjalanan pendidikannya dilanjutkan dengan mengambil S2 program Leisure Technology di UI. Tidak puas dengan hal tersebut, beliau pun mengambil jenjang S3 yang kebetulan di UI juga.

Dalamnya karier yang di selami oleh Prof DR Muliawati, berawal dari ketertarikannya dalam dunia pendidikan. Muliawati mengaku mulai menyadari ketertarikannya dengan hal ini dari jenjang S1nya, pada saat itu Prof Dr Muliawati sangat menyukai kegiatan belajar, sampai-sampai dirinya tidak mempunyai mimpi untuk berkarier di Industri. Dirinya menyadari bahwa pekerjaan dalam dunia pendidikan lah yang cocok bagi Muliawati.

Setelah lebih dari 10 tahun berkarier dan menjabat menjadi Wakil Rektor Bidang Hubungan dan Kerjasama, Muliawati berharap bahwa UMN bisa melakukan hubungan kerjasama baik yang jauh lebih banyak daripada sebelumnya dengan universitas lainnya. Dengan tujuan bisa mengangkat nama UMN sendiri dan pengakuan kurikulum yang ada dalam kampus. Selain itu Muliawati juga menginginkan untuk para lulusan UMN bisa menjadi 3 hal, yaitu : Pekerja yang baik dan professional, Entrepeneur dan menjadi pionir dalam dunia akademis untuk membangun pendidikan masa depan.

register

line-umn

BBM-umn

Send us an email