Muhammad Salehuddin, S.T., M.T. - UMN

Muhammad Salehuddin, S.T., M.T.

muh.salehuddin_photo_09_2016small

Muhammad Salehuddin, S.T., M.T.

Ketua Program Studi Teknik Fisika
Head of Physics Engineering DPT

Muhammad Salehuddin, S.T., M.T. memangku jabatan sebagai Ketua Progam Studi Teknik Fisika di usia 29 tahun. Hal ini membuatnya menjadi Ketua Program Studi termuda di Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Pria kelahiran Bontam, Kalimantan Timur ini menempuh pendidikan S1 dan S2 di Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam program studi Instrumentasi Kendali Teknik Fisika.

Sebelum menjabat sebagai Ketua Program Studi, Muhammad Salehuddin telah berkecimpung di dunia pendidikan. Beliau diberi kesempatan untuk mengajar ketika mengerjakan research di semester 4. Setelah lulus dari ITB pada tahun 2012 dan hendak melanjutkan pendidikan S2 di tahun 2013, sambil menunggu memasuki tahun ajaran baru, beliau bekerja sebagai akademisi atau asisten dosen di ITB.

Ketika mendapat beasiswa selama 2 tahun untuk melanjutkan pendidikan S2, beliau bekerja di perusahaan gas negara sebagai konsultan energi. Selain itu, beliau juga pernah mengambil pekerjaan tidak tetap sebagai pelatih atau instruktur indusri energy Chevron.

Pada tahun 2011, Muhammad Salehuddin mendapat kesempatan untuk mempresentasikan research yang dilakukannya dalam International Conference on Instrumentation Control and Automation di ITB.

Terlepas dari kesibukannya sebagai Ketua Program Studi sekaligus dosen di UMN, beliau juga aktif dalam kegiatan atau organisasi di luar UMN. Organisasi tersebut adalah Institute of Electrical and Electronic Engineer (IEEE) dan Badan Kerjasama Teknik Fisika yang merupakan kumpulan program studi Teknik Fisika se-Indonesia. Dalam IEEE, beiau menjabat sebagai wakil sekretaris di bagian Dewan Eksekutif. Sedangkan dalam Badan Kerjasama Teknik Fisika, beliau menjabat sebagai wakil bendahara.

Muhammad Salehuddin memiliki ketertarikan yang besar di bidang Teknik Fisika. Menurut beliau, teknik fisika adalah jurusan langka yang jarang diminati oleh sebagian besar masyarakat tetapi sangat dibutuhkan oleh Indonesia. Beliau ingin mahasiswa Teknik Fisika di Indonesia tidak hanya mampu menghafal dan mempelajari rumus-rumus fisika tetapi juga menggunakan rumus-rumus tersebut dalam dunia nyata, agar dapat memajukan Indonesia menjadi negara yang lebih baik.

register

line-umn

BBM-umn

Send us an email