Mahasiswa Jurnalistik UMN Juara 1 Duta Bahasa Provinsi Banten 2017

Mahasiswa Jurnalistik UMN Juara 1 Duta Bahasa Provinsi Banten 2017

con_prestasi-mahasiswa-umn-universitas-multimedia-nusantara-duta-bahasa-banten-2017

Berangkat dari kegemaran dan kepeduliannya akan sastra Indonesia, Diana Valencia, mahasiswa Jurnalistik Universitas Multimedia Nusantara (UMN) memberanikan diri untuk mengikuti ajang Duta Bahasa Provinsi Banten 2017. Di sini kemampuannya dalam berbahasa Indonesia, asing dan daerah diuji. Begitu pula dengan kemampuannya menunjukkan bakat. Melalui berbagai seleksi dan ujian, Diana pun akhirnya keluar sebagai juara 1 Duta Bahasa Provinsi Banten 2017 kategori Putri pada Rabu (17/5) lalu.

Diana berhasil mengalahkan lebih dari 60 peserta lainnya. Padahal ia mengakui bahwa awalnya ia tidak begitu yakin akan mendapat juara pertama. “Walau unggul dalam bahasa asing, aku kurang fasih  dalam berbahasa daerah. Aku melihat peserta lainnya juga lebih paham kultur daerah mereka sendiri,” ungkapnya.

Melalui keberhasilannya menjadi juara 1, penyuka karya Sapardi Djoko Darmono ini ingin menyakinkan generasi muda untuk tidak menganggap sastra sebagai sebuah hal yang kuno. “Walau sastra dibuat oleh generasi yang lebih tua namun makna dan pesan yang tertuang dalam karyanya tidak menua. Sastra bisa mengunci peristiwa dengan elegan. Jadi, jika generasi muda ingin mengetahui peristiwa yang terjadi di masa lalu, sebenarnya tinggal baca saja sastra. Ini jauh lebih seru dan akan menantang kita untuk berpikir mendalam,” ungkapnya.

(Baca juga: Inilah Duta Bahasa Provinsi Banten 2015)

Setelah menjadi juara 1 Duta Bahasa Provinsi Banten, Diana mengemban tugas penting untuk mengenalkan Bahasa Indonesia dan sastra ke khalayak ramai. Salah satunya melalui Baraya TV dan media sosial.

Diana nantinya juga akan menjadi perwakilan Provinsi Banten untuk mengikuti ajang pemilihan Duta Bahasa tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Selamat berkarya Diana!(*)

by Grace Natali – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Teknik Informatika | Sistem Informasi | Sistem Komputer|Akuntansi|Manajemen|Ilmu Komunikasi | Desain Komunikasi Visual, di Universitas Multimedia

thirteen − 6 =

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 − nine =