Mahasiswa Informatika UMN Juarai Kompetisi Karya Ilmiah Nasional

Mahasiswa Informatika UMN Juarai Kompetisi Karya Ilmiah Nasional

karya ilmiah informatika karya tulis pekan ilmiah nasional universitas lampung universitas multimedia nusantara umn universitas terbaik di jakarta

Martha Saphira, Heri Soeparno Adinegoro dan Octavany, program studi Informatika UMN 2016

 

TANGERANG – Tiga orang mahasiswa program studi Informatika 2016 Universitas Multimedia Nusantara (UMN) berhasil meraih juara pertama dalam kompetisi Karya Ilmiah pada kompetisi Pekan Ilmiah Nasional (PIN) yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penelitian di Universitas Lampung.

Dalam kompetisi ini, sebuah tim yang terdiri dari Martha Saphira, Heri Soeparno Adinegoro dan Octavany tersebut menyusun karya ilmiah berjudul “Penerapan Metode Gamifikasi dalam Upaya Meningkatkan Frekuensi Membaca Pelajar Indonesia”.

Melalui karya ilmiah tersebut, mereka ingin memperkenalkan sebuah rancangan aplikasi bernama “BAKUL” : Baca, Kuasai, Literasi. BAKUL merupakan aplikasi yang menerapkan gamifikasi ke dalam kegiatan literasi.

Salah satu anggota, Octavany, menjelaskan bahwa gamifikasi sendiri adalah teknik menerapkan elemen-elemen game, seperti point, reward dan leaderboard, ke dalam aktivitas non-game.

“Dengan metode gamifikasi, pengguna dapat menjadi lebih termotivasi dalam melakukan aktivitas membaca yang umumnya dinilai membosankan dan kurang menarik. Rancangan aplikasi ini dibuat dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, termasuk smartphone,” jelas Octavany.

Lebih lanjut Octavany mengatakan bahwa topik tersebut diambil sesuai dengan tema besar dari PIN, yaitu Inovasi dan Kreativitas Generasi Muda untuk Meningkatkan Potensi Lokal dan Daya Saing Global dalam Upaya Mewujudkan SDGs atau Sustainable Development Goals (pembangunan berkelanjutan) 2030.

“Dari (sekian banyak) sub tema yang diberikan dalam kompetisi ini, kita memilih sub tema pendidikan, (yaitu) mengenai tujuan dari SDGs dalam meningkatkan kualitas pendidikan (quality education),” lanjut Octavany.

Menurutnya, hal terpenting ketika mengikuti sebuah kompetisi bukanlah menang atau kalah, melainkan bagaimana kita terus berusaha melakukan upaya yang terbaik.

“Pengalaman-lah yang terpenting, jangan ragu ataupun takut untuk mengikuti lomba dan tetap semangat ya teman-teman UMN!” tutup Octavany

Sepanjang mengikuti kompetisi, tepatnya pada semester genap 2017/2018, Octavany dan tim harus mengirim abstrak dilanjutkan dengan pengajuan full paper dari karya ilmiah mereka. Setelah dinyatakan lolos, mereka mengikuti serangkaian acara FINAL Kompetisi Pekan Ilmiah Nasional (PIN) di Universitas lampung pada 20-23 September 2018.

Di hari pertama, para finalis mengikuti technical meeting. Dilanjutkan dengan presentasi karya ilmiah pada hari kedua. Di hari ketiga dan keempat, para finalis mengikuti pengumuman pemenang dan field trip.  (*/CRA)

 

*by Mario Baskoro – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi InformatikaSistem Informasi Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | ManajemenKomunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan | International Program, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id