Mahasiswa FTV UMN Sajikan Karya Animasi & Film Terbaik dalam UMN Screen 2017

Mahasiswa FTV UMN Sajikan Karya Animasi & Film Terbaik dalam UMN Screen 2017

Setelah turut menyukseskan Hari Film Nasional 2017 melalui pemutaran 5 film animasi karya mahasiswa, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) kini kembali ingin menunjukkan sumbangsihnya bagi dunia film dan animasi Indonesia melalui karya-karya film dan animasi mahasiswa program studi Film & Televisi (FTV) UMN yang akan diputar di UMN Screen 2017.

Con_umnscreen2017-2

Karya-karya ini telah mendapat pengakuan baik secara nasional maupun internasional. Misalnya saja film fiksi Mengejar Dangdut yang disutradarai oleh Gisela Levy yang berhasil mendapat Special Mention dalam ReelOzInd 2016, sebuah Kompetisi Film Pendek yang diselenggarakan oleh Australia dan Indonesia. Selain itu, film animasi besutan Jason Kiantoro dan Bryan Arfiandy berjudul Maikia juga telah diputar di Momentum Film Festival 2017. Selain, kedua film tersebut, akan diputarkan pula 8 animasi dan 3 film pendek lain dalam UMN Screen 2017 di hadapan penonton yang berasal dari kalangan pakar dan praktisi dunia perfilman dan animasi, produsen film, dan kritikus.

UMN Screen merupakan ajang tahunan program studi FTV UMN. Acara ini diadakan supaya selain menjadi ajang unjuk gigi karya terbaik mahasiswa FTV UMN, juga menjadi sarana yang saling menguntungkan antara mahasiswa dengan pihak industri perfilman dan animasi tanah air.

“UMN Screen diadakan untuk menjadi jembatan bagi para filmmaker muda dan dunia industri. Jadi disini mereka bisa berinteraksi secara langsung sehingga nantinya bisa terjalin kerja sama antara para filmmaker muda ini dengan para profesional di bidang film dan animasi,” jelas Lulu Ratna, sebagai Organizing Commitee. Keberadaan UMN Screen juga diharapkan mampu menjadi wadah bagi mahasiswa FTV untuk bisa mengasah kepercayaan dirinya dengan memamerkan karya mereka dan pihak industri film dan animasi bisa melihat potensi-potensi baru dan mendapatkan sumber daya manusia yang berkompeten di bidangnya.

“UMN Screen merupakan pemutaran karya film terbaik mahasiswa UMN dan UMN Screen dapat menjadi wadah bagi para film maker muda untuk lebih dikenal oleh publik khususnya industri film dan animasi” jelas Agnes Andrea, sebagai Ketua Panitia UMN Screen 2017. Dengan UMN Screen, mahasiswa bisa memamerkan karya mereka dan menjalin jaringan dengan praktisi dunia film dan animasi. Sedangkan, pihak industri dapat melihat talenta-talenta baru yang dapat dijadikan sumber daya manusia yang berkompeten di bidangnya.

“Perkembangan dunia film dan animasi yang cukup pesat di Indonesia dan dunia saat ini menyebabkan permintaan yang tinggi akan SDM yang berkualitas. Banyak production house dan studio animasi yang kemudian berkunjung ke UMN untuk mencari filmmaker dan animator muda yang mau magang dan bekerja di tempat mereka. Melihat fakta ini, UMN membekali mahasiswanya sebelum terjun ke dunia profesional. Salah satunya adalah melalui kurikulum yang berkualitas serta mengadakan event-event seperti UMN Screen dan Ucifest,” papar Kus Sudarsono, Ketua program studi Film dan Televisi UMN.

Tahun ini, UMN Screen sendiri akan menampilkan 14 film fiksi pendek, 25 film pendek animasi, dan 2 film dokumenter karya mahasiswa FTV UMN serta 2 film panjang fiksi di 4 venue yang ada di Jakarta dan Tangerang.(*)

by Grace Natali – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Teknik Informatika | Sistem Informasi | Sistem Komputer|Akuntansi|Manajemen|Ilmu Komunikasi | Desain Komunikasi Visual, di Universitas Multimedia

four × four =

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 4 =