Lagi, Penghargaan Tingkat Nasional Diraih New Media Tower UMN

Lagi, Penghargaan Tingkat Nasional Diraih New Media Tower UMN

con_reiaward16Walaupun sudah pernah mendapatkan juara pertama Energy Efficient Building karegori Tropical Building dalam Asean Energy Award pada tahun 2014, New Media Tower kini menghasilkan prestasi lain. Dalam Real Estate Indonesia (REI) Awards 2016 yang diadakan pada Senin, (28/11) lalu di Senayan, New Media Tower mendapatkan penghargaan Outstanding Achievement untuk kategori Sustainable Development.

Andrey Andoko selaku Wakil Rektor UMN yang menerima penghargaan ini mengaku bangga atas prestasi yang didapat oleh New Media Tower. “Ini merupakan prestasi yang membanggakan karena gedung UMN bisa mendapat pengakuan dalam berbagai ajang. Jika perspektif penilaian dari ajang sebelumnya adalah terkait pemanfaatan energi saja, kali ini dinilai dari perspektif properti, yaitu gedung secara keseluruhan dan pemanfaatannya,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Andrey juga berharap melalui penghargaan-penghargaan yang diterima ini bisa memberikan inspirasi bagi mahasiswa UMN khususnya untuk lebih peduli pada lingkungan dan penghematan energi.

“Penghargaan-penghargaan ini diharapkan bisa menjadi inspirasi apalagi kampus yang seharusnya bisa menjadi leader dalam pendidikan mengenai ramah lingkungan dan hemat energi bagi mahasiswanya. Pada dasarnya mahasiswa seharusnya bisa dididik untuk lebih ramah lingkungan dan hemat energi apabila kampusnya juga melakukan hal serupa,” paparnya lagi.

Gedung New Media Tower merupakan gedung yang mengusung konsep hemat energi diterapkan seutuhnya dengan cara mengontrol panas dan sinar matahari yang masuk ke ruangan dan juga meminimalkan penggunaan AC. Beberapa cara di antaranya adalah melalui pengontrolan panas menggunakan double skin facade yang terdiri dari tembok lapisan dalam dan lapisan plat alumunium berlubang-lubang kecil sebagai lapisan luar. Gedung New Media Tower juga memiliki banyak ruang terbuka yang menggunakan ventilasi udara alami. Dengan demikian ruangan menjadi tidak panas sehingga penggunaan AC bisa berkurang. Dengan pengurangan ini, New Media Tower bisa mengurangi konsumsi listrik hingga 47%.

Tak hanya berhenti di tingkat nasional, gedung New Media Tower pun dianggap memenuhi kualifikasi REI untuk dinominasikan sebagai gedung perwakilan Indonesia dalam kategori Sustainable Development dalam ajang properti internasional FIABCI Awards yang akan dilaksanakan di Andora tahun 2017 mendatang.(*)

by Grace Natali – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Teknik Informatika | Sistem Informasi | Sistem Komputer|Akuntansi|Manajemen|Ilmu Komunikasi | Desain Komunikasi Visual, di Universitas Multimedia

thirteen − ten =

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 + 11 =