Karya Animasi Mahasiswa UMN Meriahkan Hari Film Nasional 2017

Karya Animasi Mahasiswa UMN Meriahkan Hari Film Nasional 2017

con_hfnfinal

Dalam rangka Hari Film Nasional (HFN) 2017 yang jatuh pada 30 Maret, lima buah film pendek animasi  mahasiswa program studi Film dan Animasi Universitas Multimedia Nusantara (UMN) diputarkan di layar-layar gerbong Commuter Line sepanjang bulan Maret 2017. Kelima karya tersebut adalah Reform (disutradarai oleh M. Ramza Ardyputra), Lakuna (disutradarai oleh Yulio Darmawan), Halmahera: Pongana mo Nyawa (disutradarai oleh Udaya Pusthikaswasti), Outgrowth (disutradarai oleh Jason Kiantoro), dan NJ*NG (disutradarai oleh Bryan Arfiandy) akan diputar di jam-jam tertentu sepanjang Maret ini. Pemutaran perdana kelima karya ini dilakukan kemarin, Senin (20/3) di gerbong-gerbong Commuter Line Jabodetabek.

Kerja sama antara HFN 2017 dan UMN ini terwujud atas peran Badan Perfilman Indonesia (BPI) yang ingin mengangkat animasi sebagai salah satu bentuk film potensial. BPI kemudian bekerja sama dengan MacroAd Linikini yang merupakan penyedia jasa layar tayang di Commuter Line Jabodetabek untuk menayangkan film-film pendek dan animasi di Commuter Line sepanjang bulan Maret 2017.

Banyaknya karya animasi mahasiswa UMN yang telah menjadi juara dan nominasi berbagai ajang di dalam dan luar negeri membuat UMN dikenal karena animasinya. Itulah sebabnya, BPI berinisiatif menggandeng UMN untuk bekerja sama dalam HFN 2017 kali ini. “Segera setelah komitmen kami dapatkan dari MacroAd Linikini, kami tidak ragu untuk segera menghubungi pihak UMN,” jelas Lasja Fauzia selaku ketua panitia HFN 2017.

Keberadaan kerja sama ini diharapkan mampu memperkenalkan karya-karya mahasiswa UMN kepada masyarakat luas. “Tentu saja kami menyambut baik kerja sama ini. Program ini jelas akan membantu promosi karya-karya mahasiswa UMN kepada publik luas. Kami berharap dengan usaha semacam ini, publik akan memberikan perhatian lebih pada talenta-talenta muda animator Indonesia,” jelas Kemal Hassan selaku dosen program studi Film dan Animasi UMN.

Tak hanya itu, M. Cahya Daulay selaku Koordinator Peminatan Animasi UMN juga berharap kerja sama seperti ini menjadi stimuli tersendiri bagi mahasiswa Animasi UMN. “Melalui kerja sama ini diharapkan semakin menunjukkan potensi dan kualitas karya mahasiswa UMN karena inilah yang menjadi pendorong bagi mereka untuk terus berkarya dan muncul dikenal public. Semoga dari hal ini, masyarakat dan juga para pemegang kepentingan bisa melihat dan menjadi stimuli positif bagi pertumbuhan industri animasi Indonesia,” ungkapnya.

Semoga ke depannya, akan semakin banyak karya-karya mahasiswa UMN yang dikenal luas di masyarakat Indonesia.(*)

by: Grace Natali | sumber: harifilmnasional.id – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Teknik Informatika | Sistem Informasi | Sistem Komputer | Akuntansi|Manajemen|Ilmu Komunikasi | Desain Komunikasi Visual, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id

15 − 12 =

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 + nineteen =