View Article

UMN Turut Sosialisasikan Program Pemerintah Aku Cinta Bahasa Indonesia

Kamis, 4 Oktober 2012


Memasuki bulan Oktober, tepatnya “Bulan Bahasa”, UMN turut serta dalam menyosialisasikan program Pemerintah pada 2012 ini, yakni “Aku Cinta Bahasa Indonesia”. Ini merupakan wujud kepedulian UMN pada terlestarikannya bahasa Indonesia. Perwujudan kepedulian ini berupa penandatanganan kerja sama antara UMN dan Kantor Bahasa Provinsi Banten pada Kamis, 28 September 2012, pkl 15.00.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Wakil Rektor UMN, Dr. rer.nat.P.Y.Topo Supriyadi, Dipl-Phys dan Kepala Kantor Bahasa Provinsi Banten, Dra. Ovi Soviaty Rivay, M.Pd. Turut serta menyaksikan Drs. R. Masri Sareb Putra, selaku Koordinator MKDU, dan Niknik M. Kuntarto, S.Pd., M.Hum., selaku Koordinator Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Kerja sama ini bertujuan meningkatkan mutu penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta mengembangkan sikap positif terhadap bahasa Indonesia di lingkungan UMN.

Menurut Topo Supriyadi, bahasa Indonesia perlu dibina dan dikembangkan sesuai dengan penjelasan Undang-Undang Dasar 1945, Bab XV, Pasal 36, Undang-Undang nomor 24 tahun 2009, tentang Bendera, Bahasa, dan Lagu Kebangsaan, serta Lambang Negara. Pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia dapat dilakukan dengan pengujian.

Dengan menyadari sepenuhnya hal-hal tersebut, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Tangerang dan Kantor Bahasa Provinsi Banten, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersepakat menyelenggarakan kerja sama dalam bidang kebahasaan, yakni melalui Tes UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia). Tes UKBI ini merupakan jenis tes untuk mengukur kemahiran berbahasa mahasiswa yang rencananya akan diadakan secara serempak pada Sabtu, 13 Oktober 2012, pukul 09.00 s.d. 12.00 di Function Hall, UMN.

“Diharapkan mahasiswa tidak hanya bangga memiliki score TOEFL, tetapi juga bangga memiliki score UKBI,” tegas R. Masri Sareb Putra.

Dikemukakannya, “Kecerdasan bahasa, menurut Howard Gardner, cukup menjadi bekal seseorang untuk hidup. Selain itu, yang lebih penting lagi, bahasa menunjukkan identitas seseorang, bahkan suatu bangsa. Bahasa Indonesia, di UMN, bukan sekadar imbuhan. Bahasa Indonesia justru salah satu penciri universitas yang menyandang predikat ‘Nusantara’ ini,” terang Masri.

Sebagai salah satu bentuk menjunjung bahasa nasional, UMN menetapkan standar tertentu. Mahasiswa diuji kemampuannya melalui Tes UKBI semoga mahasiswa UMN lebih menghargai, mengenali, dan bangga pada bahasanya sendiri seperti yang diungkapkan oleh Niknik M Kuntarto, “Bahasa Indonesia harus menjadi bintang di negerinya sendiri.”  


FooterLogo
Universitas Multimedia Nusantara
Jl.Scientia Boulevard, Gading Serpong, Tangerang, Banten-15811 Indonesia
(T)+62-21.5422.0808; (F)+62-21.5422.0800; e-mail: marketing@umn.ac.id

© 2014 reserved to Universitas Multimedia Nusantara
UMN mendidik dan
menyiapkan generasi muda
Indonesia untuk bisa menghargai
dan mengembangkan ICT

Dr.(HC)Jacob Oetama