View Article

Pelatihan Komputer dan Internet oleh UMN

Minggu, 25 November 2012 


Universitas Multimedia Nusantara (UMN) bekerjasama dengan Kantor Disporabudpar Kabupaten Tangerang menyelenggarakan pelatihan komputer dan Internet bagi masyarakat desa di Kabupaten Tangerang pada hari Minggu 25 November 2012 selama sehari penuh. Program yang digelar adalah Teh Kokom Saba Desa, dimana Teh Kokom adalah singkatan dari Tehnologi Komputer dan Komunikasi. Sebanyak 200 warga dari 20 desa di Kabupaten Tangerang telah diundang untuk mengikuti pelatihan komputer dan Internet di Universitas Multimedia Nusantara. 


“Program Teh Kokom Saba Desa dimaksudkan untuk membangun Digital Literacy di kalangan masyarakat pedesaan, sehingga masyarakat pedesaan mengetahui akan manfaatkan teknologi informasi ini dalam menunjang kehidupan sehari-hari,” demikian kata Dr. Winarno, Direktur LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) UMN. 

Lebih lanjut Winarno menjelaskan, “Materi pelatihan yang diberikan mencakup MS Windows, MS Office, serta Internet (browsing, e-mail dan facebook)”. “Meskipun mereka belum memiliki komputer sendiri, akan tetapi mereka dapat menyewa komputer dari warnet apabila nanti memerlukan,” Winarno menambahkan.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tangerang, Soma Atmaja mengungkapkan, “Masyarakat pedesaan pun perlu menguasai penggunaan komputer dan Internet, sehingga mereka dapat semakin produktif, bertambah wawasan dan pengetahuan, serta tidak tertinggal oleh kemajuan peradaban dunia”.

“Apalagi di sektor kepariwisataan, dimana komputer memegang peranan penting dalam promosi pariwisata, untuk booking tempat penginapan, serta jual beli produk kerajinan atau cendera mata,” demikian kata Soma Atmaja. “Manfaat pelatihan ini yaitu, masyarakat dapat meningkatkan produktivitasnya dan lebih berdaya, sehingga dapat meningkatkan kemampuan sosial, ekonomi, budaya dan HAM, serta mengikuti kemajuan ilmu dan teknologi,” demikian Soma Atmaja menambahkan.

“Para peserta pelatihan komputer dan Internet dari pedesaan Kabupaten Tangerang kami harapkan dapat menjadi kader bagi kemajuan desanya, termasuk nantinya dalam pengembangan budaya pariwisata di daerahnya,” kata Soma Atmaja. “Mereka berasal dari kalangan aparat desa, para guru, pemuda-pemudi dan para siswa-siswi sekolah. Tujuan kami adalah melatih warga pedesaan agar menguasai penggunaan komputer dan Internet. Kepada para peserta akan diberikan Sertifikat sebagai tanda telah mengikuti pelatihan,” demikian papar Soma Atmaja. (win)


FooterLogo
Universitas Multimedia Nusantara
Jl.Scientia Boulevard, Gading Serpong, Tangerang, Banten-15811 Indonesia
(T)+62-21.5422.0808; (F)+62-21.5422.0800; e-mail: info@umn.ac.id

© 2014 reserved to Universitas Multimedia Nusantara
UMN mendidik dan
menyiapkan generasi muda
Indonesia untuk bisa menghargai
dan mengembangkan ICT

Dr.(HC)Jacob Oetama