Gramedia World: Transformasi Seiring Perkembangan Zaman

Gramedia World: Transformasi Seiring Perkembangan Zaman

con_gorpPerkembangan dunia yang kian pesat yang disebabkan oleh perkembangan teknologi mengakibatkan banyak perubahan terjadi di berbagai aspek. Salah satunya adalah perubahan bentuk bisnis yang ada. Bisnis-bisnis konvensional yang dulu ramai mulai tergerus oleh e-commerce­ yang kian merajalela. Jika tak segera berubah dan menemukan konsep baru, bisnis tersebut nisyaca akan redup.

Hal inilah yang disadari oleh Gramedia yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-47. Dalam Executive Sharing yang diadakan di Lecture Hall UMN pada Jumat (24/2) lalu CEO Group Retail & Publishing Kompas Gramedia Group, Y. Priyo Utomo berbagi soal strategi yang diambil oleh Gramedia untuk mengikuti perkembangan zaman dan tetap menginspirasi bangsa Indonesia.

con_01gorpPriyo bercerita mengenai fakta di mana banyak toko buku-toko buku konvensional di luar negeri yang perlahan-lahan tutup sebab zaman membuat orang-orang mulai mengalihkan medium untuk mendapatkan informasi via gadget ataupun e-book. Tak ingin hal ini terjadi, Toko Buku Gramedia pun kemudian melakukan re-branding mulai dari logo, sistem, manajerial, hingga konsep pejualan. Toko Buku Gramedia pun kini berubah menjadi Gramedia World.

Berbagai perubahan dilakukan seperti mengubah konsep yang hanya menjual buku dan stationary menjadi multiformat store, menyediakan café di dalam Gramedia World untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung, mengadakan proyek digital library, mebuat robotic learning center, hingga menjual buku dalam bentuk e-book.

Tak hanya itu, dalam Executive Sharing ini, Priyo juga memberikan tips bagi mahasiswa Fakultas Bisnis yang akan menjadi professional dalam dunia kerja. Menurutnya, selain inovasi dan inisiatif ada pula hal yang tak kalah penting yang harus dimiliki. “Dalam bekerja dan berusaha penting bagi kita untuk juga memiliki karakter dan attitude,” ungkapnya.(*)

by: Grace Natali – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Teknik Informatika | Sistem Informasi | Sistem Komputer | Akuntansi|Manajemen|Ilmu Komunikasi | Desain Komunikasi Visual, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id

12 − 10 =

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + three =