Gandeng Silla University Korea, UMN Bangun Smart Electronic Convergence Living Lab

Gandeng Silla University Korea, UMN Bangun Smart Electronic Convergence Living Lab

Universitas Multimedia Nusantara

Foto Bersama Perwakilan UMN dan Perwakilan Silla University Korea. Foto: Reviana Kristin

TANGERANG –  Universitas Multimedia Nusantara (UMN) membangun Smart Electronic Convergence (SEC) Living Lab di Fakultas Teknik dan Informatika UMN. Pembangunan SEC Living Lab ini merupakan bentuk kerja sama antara UMN dengan Silla University Korea, KOICA (Korea International Cooperation Agency), dan juga LG.

Untuk membahas pembangunan SEC Living Lab lebih lanjut, perwakilan Silla University Korea berkunjung ke UMN pada Rabu (23/1). Kunjungan ini diselenggarakan di Ruang Alor UMN.

Universitas Multimedia Nusantara

Perwakilan Silla University Korea Disambut Perwakilan UMN. Foto: Reviana Kristin

Perwakilan dari Silla University yang hadir dalam kunjungan ini yaitu Prof. Lee Kwon Ho, Prof. Kim Jin Kwan, Prof. Kim Seong Soo, Prof. Lee Byung Moon, dan Prof. Cheul-Woo Ro.  Perwakilan dari Silla University Korea disambut oleh Ketua Yayasan Multimedia Nusantara, Ir. Teddy Surianto, serta jajaran rektorat Universitas Multimedia Nusantara yaitu Bapak Dr. Ninok Leksono selaku Rektor Universitas Multimedia Nusantara, Ibu Hira Meidia, Ph.D. sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik, Bapak Ir. Andrey Andoko, M.Sc. sebagai Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Umum, Ibu Ika Yanuarti, S.E., M.S.F., CSA sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, serta Prof. Dr. Muliawati G. Siswanto, M.Eng.Sc. sebagai Wakil Rektor Bidang Hubungan dan Kerja sama.

Pada prinsipnya, SEC Living Lab merupakan suatu model inovasi terbuka (open innovation model) yang berbasis pengguna (user-driven) dimana penduduk di suatu kota, perusahaan swasta, dan lembaga-lembaga penelitian bekerja sama untuk memecahkan berbagai permasalahan dalam suatu wilayah dengan memanfaatkan teknologi IT (Information and Technology). Pemanfaatan teknologi IT yang dimanfaatkan seperti BigData, Cloud, IoT, dan mobile.

Di Korea sendiri, SEC Living Lab ini diterapkan di Busan untuk mengembangkan Busan Smart City, dimana berbagai teknologi IT seperti yang telah disebutkan di atas dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai permsalahan. Sebagai contoh, Living Lab ini digunakan untuk mengembangkan tempat tidur di rumah sakit yang dapat memantau keadaan pasien dan dapat segera mengirimkan pemberitahuan apabila terjadi sesuatu pada pasien tersebut seperti jatuh atau keadaan darurat lainnya.

Dengan pembangunan SEC Living Lab di UMN ini, maka diharapkan akan membawa dampak positif dari revolusi industri 4.0 sehingga dapat meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia.

Universitas Multimedia Nusantara

Penandatanganan MOU Kerja Sama Pembangunan SEC Living Lab yang ditandatangi oleh Perwakilan UMN dan Perwakilan Silla University Korea. Foto: Reviana Kristin

Pada kesempatan yang sama, terdapat agenda penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) kerja sama antara UMN dengan Silla University Korea. MOU ini ditandatangi oleh Dr. Ninok Leksono selaku Rektor UMN, Prof. Dr. Muliawati G. Siswanto, M.Eng.Sc. sebagai Wakil Rektor Bidang Hubungan dan Kerja sama serta Prof. Lee Kwon Ho, selaku perwakilan dari Silla University Korea.

Universitas Multimedia Nusantara

Perwakilan Silla University Korea Kunjungi Lab. Fakultas Teknik dan Informatika UMN. Foto: Reviana Kristin

Dalam kunjungan ini, perwakilan Silla University Korea juga melakukan campus tour untuk melihat fasilitas-fasilitas yang ada di UMN. Dengan ditemani oleh perwakilan dari UMN, perwakilan Silla University Korea melakukan kunjungan ke beberapa fasilitas laboratorium (lab.) Fakultas Teknik dan Informatika UMN seperti,  Lab. Mobile Development, Lab. Game Development, Lab. Jaringan Komputer, Lab. Sistem Embedded & Automasi, Lab. Artificial Intelligence, Lab. Big Data dan  Lab. Data Security.

 

Universitas Multimedia Nusantara

Selain Mengunjungi Lab. Fakultas Teknik dan Informatika UMN, Perwakilan Silla University Korea Juga Kunjungi Skystar Ventures. Foto: Reviana Kristin

Selain itu, perwakilan Silla University Korea melihat fasilitas UMN lainnya seperti collaborative room, UMN Production, lecture hall UMN¸ serta Inkubator Bisnis UMN yaitu Skystar Ventures.

Nantinya, SEC Living Lab akan sangat mendukung UMN dalam mencapai visinya, yaitu menjadi perguruan tinggi unggulan di bidang ICT, baik di tingkat nasional maupun internasional, yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional dan berkompetensi tinggi di bidangnya (berkeahlian) yang disertai jiwa wirausaha serta berbudi pekerti luhur.  (*/RK)

*by Michelle Elise Lapian – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi InformatikaSistem Informasi Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | ManajemenKomunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan | International Program, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id