Menggali Pemasaran di Media Sosial Melalui Kuliah Tamu Manajemen UMN

Menggali Pemasaran di Media Sosial Melalui Kuliah Tamu Manajemen UMN

Kevin Kristian , Social Media, Creative Content dan Influencer Marketing Manager Shopee Indonesia Hadir Sebagai Pembicara. Foto: Reviana Kristin

Kevin Kristian , Social Media, Creative Content dan Influencer Marketing Manager Shopee Indonesia Hadir Sebagai Pembicara. Foto: Reviana Kristin

TANGERANG – Perkembangan media social yang sangat pesat membuat tren pemasaran melalui media social lebih banyak digunakan. Untuk membekali para Mahasiswanya agar bisa menguasai pemasaran melalui media sosial, Program Studi Manajemen Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menyelenggarakan Kuliah Tamu. Kuliah tamu dengan tema “Social Media Marketing, Content Marketing dan Influencer Marketing” ini diselenggarakan di Lecture Hall UMN pada Senin (11/3).

Kuliah tamu ini diikuti oleh empat kelas Prodi Manajemen UMN. Hadir sebagai pembicara, Kevin Kristian yang berprofesi sebagai Social Media, Creative Content dan Influencer Marketing Manager Shopee Indonesia.

Kevin menyampaikan bahwa ketika membuat konten media sosial yang baik sebuah brand atau perusahaan perlu berbeda dan konsisten. Selain itu, sebuah brand atau perusahaan perlu menyesuaikan konten yang ingin disampaikan melalui media sosial dengan target audiens.

Kevin juga banyak memberikan contoh konten media sosial dari berbagai brand atau perusahaan bagi peserta kuliah tamu yang merupakan mahasiswa Prodi Manajemen UMN.

Eko Sigit Pramudito, S.T., M.M., CDM., Selaku Dosen Kelas Manajemen UMN. Foto: Reviana Kristin

Eko Sigit Pramudito, S.T., M.M., CDM., Selaku Dosen Kelas Manajemen UMN. Foto: Reviana Kristin

Menurut Eko Sigit Pramudito, S.T., M.M., CDM., selaku dosen Manajemen UMN, kuliah tamu ini diselenggarakan untuk memberi tahu Mahasiswa Manajemen UMN bagaimana real-life industry yang sebenarnya. Kuliah tamu ini juga sangat berkaitan dengan mata kuliah digital marketing yang juga diajarkan oleh Eko.

Eko sendiri memilih tema “Social Media Marketing, Content Marketing dan Influencer Marketing” pada kuliah umum ini dikarenakan saling bersangkutan satu sama lain.

Eko mengungkapkan tujuan dari diadakannya kuliah umum ini.

“Mau kasih insight (kepada Mahasiswa) how we creating a good content,” ungkap Eko.

Peserta Kuliah Tamu Prodi Manajemen UMN. Foto: Reviana Kristin

Peserta Kuliah Tamu Prodi Manajemen UMN. Foto: Reviana Kristin

Salah satu peserta kuliah tamu, Christian Harsono, mahasiswa Prodi Manajemen 2016 mengungkapkan apa yang ia dapatkan melalui kuliah tamu kali ini.

“Di kuliah tamu ini materinya kurang lebih tentang media sosial terutama banyak tentang konten dan juga bagaimana kita deliver ke customer, target audiens yang tepat, gimana penyampaian yang tepat,” ujar Christian.

Menurut Christian, kuliah tamu kali ini sangat bermanfaat bagi dirinya dan juga peserta kuliah tamu lainnya.

“Menurut saya sendiri guest lecture kali ini sangat bermanfaat karena yang datang yang berbicara pun praktisi, yang sudah expert di bidangnya. Jadi penjelasannya tidak banyak ke teori tapi lebih ke ilustrasi, jadi bicara teori ini atau istilah ini lalu langsung ada contohnya seperti apa,” ungkap Christian.

Christian mengatakan bahwa contoh-contoh yang diberikan oleh Kevin sebagai pembicara sangat menambah pengetahuan dan wawasan mengenai social media marketing.

Lebih lanjut, Christian mengungkapkan bahwa kuliah tamu ini sangat berkaitan erat dengan mata kuliah digital marketing yang sedang ia tempuh di Prodi Manajemen UMN.

“Kebetulan saya mengambil mata kuliah digital marketing, dan sangat Benar-benar applicable, karena kan di kelas kita sudah belajar teori dan praktek kurang lebih dan disini kita dapat insightnya dari praktisi gimana sih realnya di market, gimana bikin konten yang menarik,” kata Christian.

Sebagai dosen mata kuliah digital, Eko mengungkapkan harapannya bagi mahasiswa melalui kuliah tamu ini.

“Harapannya sih para mahasiswa bisa mendapat insight yang lebih clear bahwa di industri , (perkembangan media sosial) sudah secepat itu gak secara konseptual tapi juga dari sisi pelaku bisnis,” harap Eko.

*by Reviana Kristin – Universitas Multimedia News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi InformatikaSistem Informasi Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | ManajemenKomunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan | International Program, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id