Mengenal UMN Lebih Dekat Bagi Orangtua Mahasiswa Baru

Mengenal UMN Lebih Dekat Bagi Orangtua Mahasiswa Baru

pertemuan orang tua mahasiswa baru umn universitas multimedia nusantara umn jakarta

Wakil rektor UMN, Ir. Andrey Andoko, M.Sc, sedang mempresentasikan dalam pertemuan orang tua mahasiswa baru fakultas Ilmu Komunikasi UMN

 

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menyelenggarakan pertemuan orang tua mahasiswa baru tahun ajaran 2018/2019 pada Sabtu, 1 September 2018. Dalam acara pertemuan orang tua ini mengagendakan sejumlah diskusi mengenai informasi-informasi yang perlu diketahui oleh para orang tua terkait peraturan dan sistem perkuliahan di keempat fakultas yang ada di UMN.  Pertemuan ini diadakan dalam dua sesi, yakni sesi pertama pada pukul 09.00 hingga 11.00, dan sesi kedua pada pukul 13.00 hingga 15.00.

Ada tiga lokasi yang digunakan di dalam pertemuan ini. Pertama, Function Hall yang diperuntukan bagi para orang tua mahasiswa fakultas Ilmu Komunikasi (Prodi Komunikasi Strategis dan Jurnalistik) pada sesi pertama, serta Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) pada sesi kedua. Pembicara yang hadir diantaranya adalah Kepala Program Studi Komunikasi Strategis Inco Hary Perdana, S.I. Kom., M. Si., Kepala Program Studi Jurnalistik Fransiscus Xaverius Lilik Dwi Mardjianto, S.S., M.A., Kepala Program Studi DKV Mohammad Rizaldi, ST, MDs., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Ika Yanuarti. S.E., M.S.F, CSA, serta Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Ir. Andrey Andoko, M.Sc.

Adapun orang tua mahasiswa Fakultas Bisnis (Prodi Akuntansi, Manajemen dan Perhotelan) serta Prodi Arsitektur melakukan pertemuan di Student Lounge, masing-masing pada sesi pertama dan kedua. Kepala Program Studi Manajemen Mohammad Annas, S. Tr.Par, MM, Kepala Program Studi Akuntansi Stefanus Ariyanto, S.E.M.Ak, Kepala Program Studi Perhotelan Oqke Prawira, SST.Par, M.Si.Par dan Kepala Program Studi Arsitektur Hendrico Firzandy Latupeirissa, S.T., M.Ars menjadi pembicara dalam pertemuan ini.

Terakhir, di Lecture Hall New Media Tower, digunakan bagi orang tua mahasiswa Fakultas Teknik dan Informatika (Prodi Informatika, Teknik Fisika, Teknik Elektro, Teknik Komputer dan Sistem Informasi) pada sesi pertama serta prodi Film dan Animasi pada sesi kedua. Pertemuan ini dihadiri oleh Kepala Prodi Informatika Seng Hansun, S.Si., M.Cs., Kepala Prodi Teknik Komputer Hargyo Tri Nugroho I., S.Kom., M.Sc., Kepala Prodi Teknik Elektro Kanisius Karyono, S.T., M.T., Kepala Prodi Teknik Fisika Muhammad Salehudin S.T., M.T., Ketua Program Studi Sistem Informasi Ririn Ikana Desanti, S.Kom., M.Kom., Ketua Program Studi Film dan Animasi Kus Sudarsono S.E., M.Sn. dan Wakil Rektor Bidang Akademik Hira Meidia, Ph. D.

Didalam acara tersebut, para orang tua mahasiswa diberi kesempatan untuk mengenal lebih dalam tentang program studi dimana anak-anak mereka ditempatkan. Pengenalan program studi tersebut diantaranya diisi dengan penjelasan mengenai visi misi program studi, model pembelajaran, identitas tenaga pengajar, prospek karir, sertifikasi profesi, fasilitas penunjang, sistem peminatan hingga kerjasama prodi terkait dengan pihak eksternal.

Selain itu, para orang tua secara umum juga diajak untuk memahami segala regulasi dan peraturan perkualiahan di UMN, mulai dari persoalan absen, pemakaian kendaraan, sistem Kartu Rencana Studi, kewajiban Satuan Kredit Semester (SKS) dan Satuan Kredit Kegiatan Mahasiswa (SKKM). Pertemuan tersebut juga menjelaskan larangan-larangan yang harus dipatuhi oleh mahasiswa dan mahasiswi, seperti larangan merokok di area kampus, larangan mengonsumsi narkoba dan minuman beralkohol, berikut dengan sanksi apabila ada mahasiswa atau mahasiswi yang terbukti melanggar.

Bersamaan dengan penginformasian tersebut, pihak kampus pun menghimbau kepada para orang tua untuk bekerjasama dalam melakukan kontrol terhadap para mahasiswa dan mahasiswi. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Ika Yanuarti menegaskan, kontrol orang tua bukan hanya sekedar mencegah agar mahasiswa dan mahasiswi dikenai Surat Peringatan (SP), tetapi juga berguna untuk mengawasi kelancaran akademik mereka. Maka dari itu, disinilah para orang tua juga diedukasi agar mengerti bagaimana mengakses website myumn dan memahami buku panduan akademik. Dengan cara itulah para orang tua akan dimudahkan dalam melakukan sejumlah pengawasan terhadap putra-putrinya, seperti memantau jumlah kehadiran di kelas, melihat kemajuan Indeks Prestasi Semester (IPS) maupun Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) hingga membantu merencanakan studi.

Di penghujung acara, para orang tua mahasiswa dan mahasiswi diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan, bersantap siang dan mengelilingi gedung kampus UMN. (*/YC)

*by Mario baskoro – Universitas Multimedia Nusantara News Service

 

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi InformatikaSistem Informasi Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | ManajemenKomunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan | International Program, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id