Alumni UMN Raih Juara dalam Finhacks #DataChallenge

Alumni UMN Raih Juara dalam Finhacks #DataChallenge

alumni sistem informasi airy finhacks bca fintech lending marketing communication officer investree online alumni ilmu komunikasi humas umn universitas multimedia nusantara universitas terbaik di jakarta

Sumber Foto: https://dailysocial.id/post/finhacks-2018-data-challenge-demo-day

 

TANGERANG – Alumni program studi Sistem Informasi Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Elvyna Tunggawan meraih juara 2 dalam Finhacks #DataChallenge, kategori ATM Cash Optimization. Dalam kompetisi ini, Elvyna maju bersama dua rekan kerjanya di Airy, Winson Waisakurnia dan Robert Sebastian Herlim dengan nama Tim Resistance.

Elvyna mengaku tidak menyangka bisa terpilih sebagai tim terbaik kedua dalam kompetisi bergengsi ini. Pasalnya, dalam tahap seleksi lima besar, timnya hanya menempati posisi keempat pada leaderboard. Posisi lima besar ini diseksi berdasarkan 124 model yang telah dikumpulkan.

Ada tiga kategori lomba dalam Finhacks #DataChallenge kali ini, yakni Fraud Detection, Credit Scoring, dan ATM Cash Optimization. Setiap lima besar dari masing-masing kategori akan berlaga di babak Demo Day yang akan diselenggarakan di Soehanna Hall Jakarta,  pada 14 November 2018.

“Kami tidak berharap banyak. Fokus kami hanya berusaha tampil maksimal. Oleh karena itu, kami sangat senang ketika diumumkan sebagai tim terbaik kedua,” ungkap Elvyna.

Waktu persiapan Elvyna dan tim untuk mengikuti kompetisi ini memang tidak banyak. Mereka hanya memiliki waktu persiapan satu bulan sebelum pengumpulan ditutup. Apalagi mereka juga harus membagi waktu antara pekerjaan kantor dengan proyek lomba mereka.

“Kami mengerjakan kasus ini selepas jam kerja secara remote. Agar dapat mengerjakan kasus ini dengan maksimal, kami juga menyempatkan waktu untuk diskusi dan bekerja bersama di akhir pekan,”  tuturnya.

Model yang Elvyna dan tim rancang berusaha memprediksi jumlah uang yang ditarik pada suatu mesin ATM pada tanggal tertentu. Dalam melakukan prediksi itu, Elvyna dan tim menggunakan sejumlah metode dan eksperimen untuk menentukan model apa yang paling tepat. Hasil prediksi akhir mereka, akhir sepakat menggunakan model gradient boosting decision tree.

Berprestasi dan aktif mengikuti lomba tidak hanya dilakukan saat berkuliah. Saat sudah bekerja pun, kita masih bisa mengasah kemampuan dengan mengikuti lomba. Elvyna contohnya. Ia berpesan kepada teman-tema di UMN yang masih berkuliah, “Dengan berpartisipasi pada suatu kompetisi, kalian punya kesempatan untuk mengukur sekaligus membuktikan kemampuan kalian. Jangan takut gagal; selalu ada pembelajaran yang bisa diambil.”

Teruslah berjuang untuk memberikan karya yang terbaik untuk Almamater, Persada dan Sesama! (*/YC)

*Wirawan – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi InformatikaSistem Informasi Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | ManajemenKomunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan | International Program, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id