Lomba ANFORCOM 2017 , Di Universitas Diponegoro, Semarang

37535

ANFORCOM (Annual Informatics Competition) adalah sebuah kompetisi programming tingkat nasional khusus untuk mahasiswa S1 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Informatika, Universitas Diponegoro, Semarang. Mahasiswa UMN berhasil menyabet Juara 1 dalam kompetisi ini, mereka yang Berjaya adalah Patricko Franschay (TI/14110110065), Nathania Elvina (TI/14110110043), dan Sunderi Pranata (TI/13110210010).

Kompetisi ini terdiri dari serangkaian babak yang dimulai dari tanggal 25 Juli 2017 dengan pengunggahan proposal. Dalam tahap ini, peserta mengunggah proposal aplikasi yang akan dibuat beserta dasar teori. Kemudian pada tanggal 17 September 2017, peserta mengunggah prototype aplikasi yang akan dibuat beserta dokumentasi. Selanjutnya proposal yang sudah di-upload dinilai oleh dewan juri. Babak final digelar pada tanggal 21 Oktober 2017 di kampus Universitas Diponegoro, Semarang. Mahasiswa UMN peserta kompetisi ini mempresentasikan aplikasi yang sudah dibuat dihadapan dewan Juri.

Kompetisi ANFORCOM Mobile Apps Competition merupakan bukti bahwa mahasiswa UMN siap bersaing dengan universitas-universitas unggulan dalam berinovasi dan berkreasi dengan pemanfaatan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

Malang, Indonesia, 5-7 Oktober 2017

BME 2017

 

Brawijaya Movie Exhibition adalah sebuah festival film yang diadakan oleh komunitas Societo Sineklub, FISIP Universitas Brawijaya, Malang. Festival ini digelar pada tanggal 5-7 Oktober 2017. BME pertama kali diadakan pada tahun 2012 dengan tujuan mengajak sineas dadi Universitas Brawijaya untuk berkumpul dan diskusi mengenai film. Berlanjut ke tahun 2013 dan 2014, BME diadakan sebagai ajang pembelajaran dan pembahasan mengenai film dengan mengundang pemateri yang profesional di bidang sinematografi. Kemudian, BME diadakan kembali pada tahun 2017 ini sebagai wadah eksibisi film dengan membuka submisi untuk film fiksi dari seluruh Indonesia yang akan dikurasi hingga menjadi program utama pemutaran di Brawijaya Movie Exhibition #4. Total pendaftar BME #4 ada sebanyak 163 peserta tingkat Nasional. Dengan hasil akhir, tim kurator menyeleksi hingga menjadi 19 film yang diputar dalam program utama.

Salah satu film yang masuk dalam film terpilih yaitu “Rumah”, karya mahasiswa FTV UMN Novia Puspa Sari (00000018611), Irene Alexandra (00000018591), Stefanus Hosea (00000018593), Nabil Faishal (00000018741), diputar pada program pemutaran film di hari ke-3. Setelah pemutaran film kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi yang diisi oleh 3 filmmaker dari film sesi terakhir tersebut.

Brawijaya Movie Exhibition merupakan salah satu festival mahasiswa yang cukup ditunggu oleh komunitas film atau filmmaker di Indonesia. Salah satu nilai plus dari acara ini adalah komunitas film atau filmmaker dapat membangun relasi lebih luas dan memperoleh wadah apresiasi terhadap karya mereka. Program pemutaran dalam acara ini terkonsep dengan baik karena menggunakan tematik yang dirancang oleh tim programmer. Harapannya dengan evaluasi acara tahun ini, BME dapat berkembang lebih baik di BME tahun depan.

Bagi mahasiswa UMN, ajang seperti BME menjadi kesempatan yang baik bagi mahasiswa film untuk mengembangkan dirinya dengan percaya diri untuk mendaftarkan film ke ajang-ajang apresiasi seperti ini. Dengan menghadiri temu komunitas, mahasiswa UMN juga dapat membangun relasi lebih luas dengan komunitas dan filmmaker lainnya. Semoga mahasiswa UMN lebih percaya diri dalam mendistribusikan karya-karyanya agar lebih dikenal oleh luar UMN.

1Belum lama ini Indonesia berkenalan dengan tren baru yaitu Kampung Warna maupun Kampung Pelangi. Kampung tersebut menjadi destinasi wisata serta hiburan yang menarik perhatian berbagai kalangan pengunjung. Kini, perkampungan di Tangerang memperoleh kesempatan untuk mencicipi tren tersebut melalui acara MUREAL – Mural Ekspresi Sosial yang diadakan oleh Social Designee.

2

Kegiatan MUREAL dibentuk akibat keprihatinan dari pendidik maupun relawan Social Designee akan kondisi kebersihan lingkungan di perkampungan. Tembok di perkampungan kerap kali dipenuhi dengan tulisan maupun gambar yang tidak sedap dipandang. Selain itu juga terdapat fenomena buang air maupun sampah di sekitar tembok. Aktivitas tersebut umum dilakukan oleh masyarakat, sehingga tidak membentuk kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan yang dihuni oleh masyarakat tersebut.

Menanggapi permasalahan tersebut, pada hari Minggu (31/09/17) komunitas Social Designee melakukan aktivitas gotong royong bersama karang Taruna untuk membersihkan sampah serta rumput liar di sekitar tembok Kampung Carang Pulang RT.01/RW.01, Tangerang. Kemudian dilanjutkan dengan melapisi cat dasar pada tembok yang telah dibersihkan. Tembok tersebut dipersiapkan untuk melaksanakan aktivitas Road to Mureal pada minggu selanjutnya.

3

Pada hari Jumat hingga Minggu (06/10/17 sampai 08/10/17) lebih dari 20 seniman MUREAL menorehkan karya pada tembok yang telah dibersihkan. Karya tersebut mengangkat tema “Masa Kecilku.” Sehingga mengajak masyarakat untuk kembali mengingat kenangan manis saat melalui masa kecilnya. Karya yang dihasilkan penuh warna dan imajinasi, layaknya masa kecil yang penuh dengan impian. Beberapa seniman menambahkan pesan positif seperti unsur nusantara dan makanan 4 sehat 5 sempurna pada karyanya. Adapun seniman MUREAL terdiri dari mahasiswa komunitas Social Designee, Visum Creative, dan Nomad Creative Corps.

4

Acara perdana Road to MUREAL membawa dampak yang melebihi ekspetasi. Franko selaku ketua pelaksana MUREAL mengaku bahwa antusiasme masyarakat terhadap acara ini sangat tinggi, utamanya karena partisipasi dari masyarakat. Baik ketua RW, ketua RT, Karang Taruna, anak-anak, maupun masyarakat dari RT lainnya menyempatkan waktu untuk melihat dan berpartisipasi dalam pelaksanaan acara MUREAL ini. Karena partisipasi aktif dari masyarakat, MUREAL berhasil memberi warna pada 9 tembok dari target awalnya yaitu 8 tembok.

Aktivitas MUREAL direncanakan akan segera diadakan kembali dalam beberapa saat ke depan. Informasi mengenai kegiatan MUREAL yang selanjutnya dapat diperoleh melalui media komunikasi Social Designee seperti Instagram, LINE, Facebook, dan Sebangsa.

5

Pada hari Selasa tanggal 26 September 2017, tim yang beranggotakan Fajri Dika Santoso (13120210378), Rafi Zahirsyah (13120210448) dan Yosef Adrian (13120210275) mengikuti lomba mural di acara 3rd Annual Psychology Summit yang diadakan oleh Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Lomba mural tahun ini bertemakan “What Society Says About Mental Health”, yang berlangsung di GOR Ciracas, Jakarta Timur dari pukul 09.00-13.00. Dengan bangga, tim ini berhasil memperoleh juara ke 3 dari 5 tim yang mengikuti lomba mural pada acara tersebut. Tim yang mengikuti lomba tersebut adalah FKM UI, Komunitas Pena Aksara – Patria, FT UI, dan SMAN 2 Tangerang Selatan.

10

TANGERANG, 15 SEPTEMBER 2015- Mahasiswa UMN khususnya dari Unit Kegiatan Mahasiswa seni tari Tracce menyelenggarakan pagelaran seni tari yang dinamakan ARSAWATI di Function Hall, Universitas Multimedia Nusantara. Kali ini Tracce mengundang penari dari berbagai SMA dan Universitas se-Jabodetabek untuk berlomba menampilkan tarian khas Indonesia. Kategori lomba tari yang diadakan adalah saman dan kreasi. Arsawati memiliki arti berpikir gembira dari Bahasa Sansekerta. Dengan begitu diharapkan Arsawati mampu mendorong generasi muda untuk berkarya bebas lewat tarian tradisional.

Arsawati mulai pada pukul 08.00 WIB diawali dengan sambutan dari Dr. Ir. P.M. Winarno, M.Kom. selaku Direktur Lembaga Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat UMN dan Citrandika Krisandua Selarosa dari Internal Student Affair Universitas Multimedia Nusantara. Arsawati sendiri merupakan salah satu bagian dari rangkaian acara Festival Budaya UMN, yang diadakan dalam rangka merayakan sepuluh tahun UMN. Selanjutnya, peserta lomba kategori kreasi tampil meramaikan panggung Arsawati. Adapun tarian yang ditampilkan yaitu Tari Lenggang Gendis, Rame Ing Gawe, Lenggang Cisadane, Panen, Bangbung Hideung, Bubuka, Bajidor Kahot, Mengeti, dan Monyetsolear. Sementara untuk kategori tari saman tampil pada pukul 13.00 WIB. Jumlah keseluruhan peserta pada pagelaran Arsawati yakni mencapai 16 kelompok. Peserta Tari Saman 6 tim, sedangkan kategori reguler 10 tim.

“Ragam Sanur Budaya Indonesia” menjadi tagline dari acara Arsawati kali ini. Melihat antusiasme generasi muda akan budaya lokal yang mulai memudar, mahasiswa dari UKM Tracce ingin mengenalkan kembali budaya Indonesia ke masyarakat luas. Perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadikan mudahnya budaya asing masuk ke Indonesia. Hal tersebut perlu diiringi dengan upaya mempertahankan budaya lokal agar keragamannya tetap lestari. Arsawati menghadirkan keragaman budaya tari dan musik Indonesia yang juga melibatkan generasi muda dalam acaranya. “Tracce sebagai pihak penyelenggara berharap kegiatan ini mampu meningkatkan silahturahmi antar penari dan kecintaan muda-mudi terhadap budaya lokal Indonesia” jelas Firabella, selaku ketua pelaksana Arsawati.

Pemenang Arsawati 2017 dari kategori tari kreasi adalah dari SMAN 1 Kota Serang, diikuti SMAN 23 Kab. Tangerang, dan SMA Citra Islami. Sedangkan untuk kategori saman dimenangkan oleh SMA 8 Al-Azhar Bekasi yang diikuti SMK Telkom dan SMA Yuppentek 1.

Penutupan pagelaran Arsawati menyajikan penampilan khusus dari mahasiswa UKM tari Tracce. Sebagai wujud kecintaan mereka terhadap budaya nusantara, mereka turut menampilkan berbagai tari tradisional Indonesia seperti Saman, Piring, dan Enggang, Mambo, Kinang Kilaras, dan Cendrawasih. Penari berkostum burung merak muncul di akhir penampilan sebagai simbol dari maskot acara Arsawati 2017. Tarian akhir tersebut merupakan seni kontemporer burung merak yang diikuti oleh seluruh panita.

Kelvin, mahasiswa Manajemen UMN, berhasil menyabet 2 gelar di ajang BAIndo Pre Series 2 2017. Turnamen berskala nasional ini diselenggarakan oleh Komunitas Badminton Amatir Indonesia atau disingkat BAIndo. Diselenggarakan di The Springs Club, Summarecon, Gading Serpong. Kelvin mengamankan posisi Juara I ganda putra (kategori Gold Usia Maksimum 29 tahun) bersama seorang kawannya (mahasiswa non-UMN), dan memenangkan posisi ke-3 di kategori tunggal putra (kategori Gold Usia Maksimum 29 tahun). Diharapkan Kelvin dapat menorehkan prestasi-prestasi lagi kedepannya setelah sebelumnya juga memperolah gelar juara 2 di UNTAR Badminton Cup pada Mei lalu.

juara-Pesta-SOLO-3-Universitas-Multimedia-Nusantara-di-Indonesia

3 judul film karya mahasiswa UMN berhasil meraih penghargaan 20 film pilihan terbaik di ajang PESTA FILM SOLO #7 2017 yang diseleksi dari total 180 judul film. Festival film tingkat umum nasional ini diselenggarakan pada tanggal 11-13 Mei 2017, dan bertempat di Teater Arena Taman Budaya Surakarta, Solo, Jawa Tengah. Pesta Film Solo #7 2017 diselenggarakan oleh Kine Klub FISIP Universitas Negeri Surakarta.

Film pertama berjudul “Kancut” diwakili oleh Kevin Jonathan (00000018640 / FTV). Kemudian, film kedua berjudul “Rasuk” yang diwakili oleh sang produser Dzikri Aulia Rizaldi (00000017810 / FTV ) dan Budiman (00000018733 / FTV). Lalu ada film “Rumah” karya Novia Puspa Sari (00000018611 / FTV ).i salah satu program kerja rutin tahunan, Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI) UMN melakukan kegiatan studi bading ke Institut Teknoloi Bandung (ITB) dengan mengangkat tema “United to Make a Change”. Di sana, para peserta yang berjumlah 15 orang diterima dengan baik oleh HMIF ITB.
Dalam studi banding yang dilaksanakan pada Minggu (12/3) ini, diadakan sesi tanya jawab, sharing serta campus visit untuk mengetahui secara mendalam mengenai pengelolaan himpunan yang dilakukan di kampus ITB.

 

Sebagai salah satu program kerja rutin tahunan, Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI) UMN melakukan kegiatan studi bading ke Institut Teknoloi Bandung (ITB) dengan mengangkat tema “United to Make a Change”. Di sana, para peserta yang berjumlah 15 orang diterima dengan baik oleh HMIF ITB.

Dalam studi banding yang dilaksanakan pada Minggu (12/3) ini, diadakan sesi tanya jawab, sharing serta campus visit untuk mengetahui secara mendalam mengenai pengelolaan himpunan yang dilakukan di kampus ITB.

Berangkat dari kepedulian akan sesama, Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSI) dan Himpunan Mahasiswa Sistem Komputer (HIMASIKOM) Universitas Multimedia Nusantara (UMN) melaksanakan program Minggu Berbagi. Program kerja baru ini sendiri dilaksanakan dalam 2 batch berbeda. Adapun batch pertama dilaksanakan pada Selasa (14/3) di SD Rumpak Sinang, Tangerang.

Melalui kegiatan sosial Minggu Berbagi, HIMSI dan HIMASIKOM mendatangi sekolah-sekolah yang tidak memiliki fasilitas mmemadai bagi siswanya. Di sana, para panitia dan dosen program studi Sistem Informasi dan Sistem Komputer UMN kemudian berbagi ilmu kepada para siswa sekolah. Diharapkan melalui kegiatan ini, para generasi penerus bangsa bisa mendapat ilmu yang bermanfaat dan berguna bagi masa depan mereka.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ultima Sonora (Ulson) dan Komunitas UMN Symphony Orchestra (USO) mendapat kesempatan tampil di acara Indonesia Drummer & Percussion Festival Indonesia 2017 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Mereka membawakan lagu medley Mambo Simbo, Janger, dan Yamko Rambe Yamko.

Penampilan ini berhasil memukau para penonton melalui perpaduan musik daerah dengan string chamber. Kegiatan ini sendiri berlangsung pada 30 Maret – 2 April 2017.

FGD BNN ini adalah kegiatan diskusi dari mahasiswa UMN dengan berbagai perwakilan kampus sekitar yaitu Universitas Matana, Universitas Surya, Prasetiya Mulya yang bertujuan untuk mendiskusikan upaya nyata dalam memerangi narkoba khsuusnya melalui multimedia. Diharapkan dari diskusi ini lahir upaya dan inovasi baru menangani kreativitas mahasiswa dalam menggerakkan berbagai cara untuk memerangi narkoba.

Bertemakan “Mewujudkan generasi Millenial yang aktif dan kreatif melawan narkoba”, hadir Kombes Pol Sulastiana dan wakil dari ARTIPENA (relawan dari perguruan tinggi untuk memerangi narkoba) sebagai pembicara. Kegiatan ini diprakarsai oleh kemahasiswaan dan Duta Anti Narkoba Universitas Multimedia Nusantara (UMN) 2016/2017.

Dua Jam Lebih Dekat (DUDEKA) merupakan kegiatan rutin dari DKBM ini. Di acara yang dilaksanakan pada Jumat (10/3) lalu, DUDEKA mengangkat tema “Berbagi Cerita dengan Rektor UMN”. Adapun narasumber yang dihadirkan adalah Ibu Ika Yanuarti, S.E. , MSF selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Ibu Hira Meidia, PhD selaku wakil Rektor I bidang akademik.

Sebanyak 110 mahasiswa menghadiri kegiatan ini dan melakukan tanya jawab dengan para Wakil rektor tersebut.

Accounting Charity (A-Chart ) merupakan program kerja tahunan di bidang sosial dari Himpunan Mahasiswa Prodi Akuntansi ((HIMTARA). Dalam periode kepengurusan tahun ini, HIMTARA melakukan kunjungan ke Graha Lansia Marfati, Tangerang pada Jumat (17/3). Dalam kegiatan tersebut, disusun beberapa acara yang ditujukan untuk menghibur para lansia yang ada di Graha Lansia Marfati, misalnya karaoke bersama dan sharing bersama. Acara tersebut dihadiri oleh 71 mahasiswa program studi Akuntansi dan juga pihak kemahasiswaan UMN.

GEMA-ARTIPENA

Selasa 25 April 2017 lalu , sebanyak 16 mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara menghadiri deklarasi dan Studium eneral Gema Artipena dengan tajuk Tantangan Kebhinekaan dalam era Demokrasi dan Globalisasi.

Acara tersebut dilaksanakan pada pukul 08.30 s.d pukul 13.00 di Balairung Kampus Universitas Indonesia , Depok dan diikuti oleh hampir 5000 mahasiswa dari Area Jabdetabek, Jawa Barat, dan Sulawesi Selatan.

Acara Studium General sendiri disampaikan oleh Bapak kapolri Jendral H.M. Tito Karnavian. Dalam kuliah umum ini Bapak Kapolri menyampaikan bahwa di era demokrasi ini pembangunan sektor ekonomi masyarakat Indonesia belum sepenuhnya tercapai. Batas antara menengak ke bawah dan menengah ke atas ditakutkan akan menjadi penyebab perpecahan bangsa. Selaras dengan harapan agar mahasiswa bisa berbicara banyak untuk pembangunan bangsa, Bapak Kapolri menegaskan bahwa di era globalisasi ini, generasi bangsa harus menjadi pionir pembangunan dengan salah satunya sehat tanpa narkba untuk lebih membangun bangsa.

Dalam acara ini juga dihadiri leh Ketua BNN Indonesia, Rektor Ui, dan Organisasi Artipena Indonesia, yaitu Aliansi Relawan Perguruan Tinggi Anti Penyalahgunaan Narkoba.

Bincang Kantin adalah kegiatan rutin dari organisasi mahasiswa DKBM yang berisi diskusi dan tanya jawab dari mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dengan pihak kampus. Dalam edisi kali ini yang dilaksanakan pada Jumat (17/3), narasumber yang dihadirkan dari pihak kampus adalah Bapak Andrey Andoko, MSc. selaku Wakil Rektor II UMN. Ada pun tema kegiatan ini adalah “New UMN, New Opportunity”.

Kegiatan Funsport HIMSI 2017

Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSI) UMN menggelar sebuah kegiatan olah raga bertajuk “Fun Sport 2017: Equality in Sport” yang merupakan acara perlombaan persahabatan antar mahasiswa Sistem Informasi lintas angkatan. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun relasi dan sportivitas mahasiswa SI melalui perlombaan futsal dan bola basket.

Pertandingan futsal dilangsungkan pada tanggal 20-22 April 2017 di Lapangan Futsal Nation Summarecon Digital Center, pada jam 18.00 sampai dengan 21.00. Kemudian untuk perlombaan bola basket digelar pada tanggal 27-30 April di Lapangan Olah Raga Universitas Multimedia Nusantara. Perlombaan futsal dimenangkan oleh grup yang terdiri dari gabungan mahasiswa SI angkatan 2014 dan 2015. Perlombaan futsal berjalan cukup fun dan lancar. Para pemenang akan diberi penghargaan berupa piala dan medali pada acara awarding ceremony tepat setelah babak final selesai dan diadakan langsung di lapangan olah raga masing-masing perlombaan.